PENINGKATAN PEMAHAMAN KARYA ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM SEMESTER 2 UNIVERSITAS PANGERAN DIPONEGORO NGANJUK TAHUN AKADEMIK 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan pemahaman karya ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model project based learning pada mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam Semester 2 Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk tahun akademik 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di Semester 2 Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk. Subyek penelitian berjumlah 15 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman karya ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model project based learning pada mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam Semester 2 Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk tahun akademik 2023/2024 mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman karya ilmiah oleh mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam Semester 2 ditunjukkan dari hasil persentase ketuntasan belajar mahasiswa, mulai dari data awal (53,33%), siklus 1 (66,67%), dan siklus II (73,33%). Model Project Based Learning dapat menjadi alternatif yang tepat untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap karya ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia.