https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/issue/feed JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)2025-07-30T10:13:35+00:00Imam Khowim, M.Pdadmin@ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.idOpen Journal Systems<p>"INNOVATIVE Scientific Journal: Journal of Islamic Thought and Research (ISSN 2355-4053 (January 1, 2014) published by the Pangeran Diponegoro Islamic Institute Nganjuk. This journal contains studies on Islamic thought and research: 1) Research results, 2) Conceptual ideas, 3) Literature reviews, and practical experiences. The editorial board invites academics, lecturers, and researchers to contribute their unpublished scientific articles. Manuscripts should be typed with 1.5 cm spacing on A4 paper with a length of 15-20 pages, 4000-5000 words. Submitted manuscripts are evaluated by the editorial board and peer reviewers. The editor may make changes to the manuscript to ensure consistency in format, without altering its substance. Editorial Address: Jl. Wilis Kramat Nganjuk Telp/Fax. (0358) 324737 Postal Code 64419 Nganjuk. This e-journal is the online version of the print edition of Innovative published by the Pangeran Diponegoro Islamic Institute."</p>https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/1720STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MELALUI WAWASAN KEBANGSAAN DI SMP NEGERI 1 LOCERET TAHUN AJARAN 2024 / 20252025-07-30T10:02:28+00:00AGUS TOHAWIagustohawi509@gmail.com<h1>Abstrak</h1> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kesadaran keagamaan peserta didik melalui integrasi nilai-nilai wawasan kebangsaan di SMP Negeri 1 Loceret. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan beberapa strategi utama, yaitu: (1) integrasi materi PAI dengan nilai-nilai kebangsaan seperti toleransi, cinta tanah air, dan tanggung jawab sosial; (2) pendekatan kontekstual dan dialogis dalam pembelajaran; dan (3) penguatan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler religius dan nasionalis. Strategi ini mampu meningkatkan pemahaman keagamaan peserta didik yang moderat dan cinta NKRI. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penguatan kompetensi guru PAI dalam mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam pembelajaran agama secara holistik.</p> <p>Kata kunci: strategi guru, PAI, kesadaran keagamaan, wawasan kebangsaan</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovativehttps://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/1721Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam2025-07-30T10:05:02+00:00anik indramawananikindramawan@gmail.comsuhartonosuhartono@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik observasi serta wawancara terhadap guru dan siswa, ditemukan bahwa guru PAI menerapkan berbagai metode seperti diskusi terbuka, studi kasus, dan refleksi nilai keislaman untuk merangsang pemikiran analitis siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat ketika guru memberikan ruang dialog dan pelibatan aktif dalam pengambilan keputusan moral berdasarkan ajaran Islam. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar pembelajaran PAI tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi diarahkan pada penguatan nalar kritis siswa untuk menghadapi tantangan zaman.</p> <p> </p> <p>Kata kunci: guru PAI, berpikir kritis, pembelajaran agama Islam, keterampilan analitis</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovativehttps://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/1722Kisi-Kisi Instrumen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Berkualitas: Kajian Konseptual dan Implementasi di Sekolah2025-07-30T10:07:21+00:00masturmastur@gmail.com<p>Abstract</p> <p>Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual serta implementasi kisi-kisi instrumen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berkualitas di sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur dan analisis dokumen, penulis mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam pengembangan kisi-kisi instrumen seperti relevansi materi, kesesuaian indikator dengan tujuan pembelajaran, serta kejelasan bentuk soal. Hasil kajian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran PAI sangat dipengaruhi oleh kejelasan dan ketepatan penyusunan kisi-kisi instrumen, yang pada akhirnya menentukan efektivitas penilaian pembelajaran. Artikel ini menyarankan perlunya pelatihan rutin bagi guru PAI agar mampu menyusun kisi-kisi yang sesuai dengan standar kurikulum dan kebutuhan siswa abad ke-21.</p> <p> </p> <p>Kata kunci: kisi-kisi instrumen, Pendidikan Agama Islam, kualitas pembelajaran,</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovativehttps://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/1723Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Aqidah Siswa di SMP Islam Qur’ani Batanghari Lampung Timur2025-07-30T10:11:13+00:00imam khowimimamkhowim05@gmail.com<p>Abstract</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan aqidah siswa di SMP Islam Qur’ani Batanghari Lampung Timur. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik wawancara serta observasi, diperoleh informasi bahwa guru menerapkan beberapa strategi seperti keteladanan, pembiasaan ibadah, pendekatan emosional, serta pemanfaatan media digital berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dirancang dengan pendekatan humanistik dan kontekstual efektif dalam memperkuat pemahaman dan pengamalan aqidah siswa. Penanaman aqidah yang dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan mampu membentuk karakter keislaman yang kuat sejak dini.</p> <p> </p> <p>Kata kunci: strategi guru, aqidah, pendidikan agama Islam, siswa SMP</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative