Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Aqidah Siswa di SMP Islam Qur’ani Batanghari Lampung Timur
Abstract
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan aqidah siswa di SMP Islam Qur’ani Batanghari Lampung Timur. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik wawancara serta observasi, diperoleh informasi bahwa guru menerapkan beberapa strategi seperti keteladanan, pembiasaan ibadah, pendekatan emosional, serta pemanfaatan media digital berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dirancang dengan pendekatan humanistik dan kontekstual efektif dalam memperkuat pemahaman dan pengamalan aqidah siswa. Penanaman aqidah yang dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan mampu membentuk karakter keislaman yang kuat sejak dini.
Kata kunci: strategi guru, aqidah, pendidikan agama Islam, siswa SMP