KONSEP AHL AL-FATRAH ASH‘ARIYAH DAN SALAFI (Studi Komparasi Penafsiran Shaykh Nawawi Al-Bantani dalam Tafsir Marah Labid dan Shaykh Al-Shinqiti dalam Tafsir Adwa’ al-Bayan)

  • Rofik Maftuh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Ahl Fatrah, Asy'ariyah, Salafi, Syaikh Nawawi, al-Sinqitiy

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk melihat bagaimana perbandingan antara penafsiran Syaikh Nawawi al-Bantani dalam kitab tafsir Marah Labid sebagai representasi ulama Asy’ariyah di Arab dan penafsiran Syaikh As-Syinqiti sebagai representasi ulama manhaj salafi di Arab. Ditemukan bahwa Syaikh Nawawi al-Bantani mengkasifikasi ahl al-Fatrah menjadi tiga kategori, yaitu kelompok orang yang selamat (su’ada), kelompok orang yang celaka (asqiya) dan yang ketiga dibawah kehendak Allah (tahta al-Masyiiah). Sementara SyaikhAs-Syinqiti begitu kuat dalam mepertahankan argumen bahwa setiap orang yang tidak mendapatkan dakwah rasul (ahl al-fatrah) tidak mendapatkan siksa ataupun sebagai ahli neraka meskipun mati dalam keadaan kafir. Perbedaan keduanya terdapat pada siapa saja yang termasuk golongan selamat di akhirat kelak, Syaikh Nawawi menilainya berdasarkan kategori yang beliau sebutkan, sedangkan As-Syinqiti tanpa membedakan sesama ahl al-fatrah.

References

Ad-Dawisy, Ahmad bin Abd ar-Razaq . Al-Lajnah ad-Daimah lil buhuts al-Ilmiyah. Mauqi’ Al-Islam Juz 5, hal.306. Maktabah Syamilah

AL-Ayazi. Sayid Muhammad Ali, Al-Mufassirun, Hayatuhum wa Manhajuhum. Wizarah at-tsaqafah wa al-Irsyad al-Islami.

Al-BantaniSyeikh Nawawi, Marah Labid Tafsir an-Nawawi. Jilid 1. Toha Putra Semarang hal.475

Al-Bantani, Syaik Nawawi Nurudzalam

Al-Ghazali. Imam. Kerancuan Filsafat “Tahafut al-Falasifah”. Terjemah Achmad Maimun. Penerbit Forum. Yogyakarta. 2015

An-Nawawi,Imam, Al-Minhaj Syarah Shaheh Muslim ibn al-Hajjaj, Dar Ihya at-Turats al-Arabi, Beirut Cetakan kedua 1392 H

As-Syuyuti, Imam Jalaludin .Al-Hawi lil Fatawi

Amin. Samsul Munir.2009. Sayid Ulama Hijaz “Biografi Syaikh Nawawi al-Bantani. Yogyakarta:Pustaka Pesantren

As-Syirbini.Imam Khatib Tafsir As-Siraj al-Munir

Asy Shahrastani, Al-Milal wa An-Nihal, Aliran-aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia, Alih bahasa:Prof.Asywadie Syukur Lc. Bina Ilmu Offset Surabaya

As-Syinqiti. Syaikh Muhammad al-Amin bin Muhammad al-Mukhtar, Adwaul Bayan fi Idhohil Qur’an bil Qur’an Dar al-Ilmi al-Fawaid.

Bahary, Anshar Tafsir Nusantara, Studi Kritis Terhadap Marah Labid Nawawi al-Bantani di Jurnal Ulul Albab Volume 16 no 2 tahun 2015.

Dahlan, Ahmad bin Zaini ad-Durar al-Tsaniyah fi ar-Radd ala al-Wahhabiyyah. Hakikat Kitabevi. Istanbul Turki 2015.

Fatawi al-Azhar. Mauqi’ Wizarah al-auqaf al-Mishriyah. Juz7. Hal.393 Maktabah Syamilah

Hambal, Ahmad Bin , Musnad Ahmad, al-Mauqi al-Islam Maktabah Syamilah.

Hassan Ko Nakata dalam Jurnal of the Interdisciplinary Study of Monotheistic Religions (JISMOR) 2 Februari 2006 yang berjudul The Border of Salvation; the Salvation of Non-Muslim in Islam.

M.Ridwan Hidayatullah bersama Aceng Kosasih Fahrudin Konsep tasawuf Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Jurnal Tarbawi vol 2 tahun 2015,

Maragustam Nawawi al-Bantani tentang manusia dan implikasinya dalam pendidikan Islam dalam Jurnal Kependidikan Islam vol 1, no 1 2003,

Rahman. AbdNawawi al-Bantani;An Intellectual Master of the Pesantren Tradition pada jurnal Studia Islamika vol 3, no 3 1996 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Russell, Bertnand,Sejarah Filsafat Barat, Kaitanya dengan Kondisi Sosio-Politik Zaman Kuno Hingga Sekaranga. Terjemah Sidiq Jatmiko dkk. Pustaka Pelajar Yogyakarta 2016.

Sulaeman, Mubaidi. “Pemikiran Hermeneutika Al-Qur’an Hasan Hanafi dalam Studi Al-Qur’an di Indonesia.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1, no. 2 (2020): 1–26.

Suprapto. H.M Bibit 2010 Ensiklopedi Ulama Nusantara “Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara”.Gelagar Media Indonesia: Jakarta

Ulum. Amirul. 2017 Al-Maki, Al- Jawi, Kiprah Ulama Nusantara di Haramain. Global Press Yogyakarta.

Published
2022-04-26
How to Cite
Rofik Maftuh. (2022). KONSEP AHL AL-FATRAH ASH‘ARIYAH DAN SALAFI (Studi Komparasi Penafsiran Shaykh Nawawi Al-Bantani dalam Tafsir Marah Labid dan Shaykh Al-Shinqiti dalam Tafsir Adwa’ al-Bayan). Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf, 8(1), 28-50. https://doi.org/10.53429/spiritualis.v8i1.382