METODE TENAGA DALAM ASMAUL HAQ DI PONPES AL’ ARFIYYAH MOJODUWUR, NGANJUK
Abstract
Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam hanya saja mereka tidak mengetahui bagaimana cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga dalam itu sudah ada sejak manusia dilahirkan. Pengembangan spiritualitas tenaga dalam dengan metode Asmaul Haq di Ponpes Al-Arfiyyah Mojoduwur, Nganjuk adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan, ruh kebatinan yang hakiki atau sesuatu yang supranatural perantara suatu amalan membaca lafadz "Allah", menurut aturan-aturan dan syarat-syarat tertentu menuju Allah, diponpes Al-Arfiyyah Mojoduwur, Nganjuk. Konsep fenomenologi sebagai acuan dalam menjawab rumusan masalah sebagaimana ontologi spiritualitas tenaga dalam Asmaul Haq, amalan (dzikir) Asmaul Haq dan implikasi Asmaul Haq terhadap spiritualitas santri yang ada di Ponpes Al-Arfiyyah Mojoduwur, Nganjuk. Fenomenologi bisa diartikan sebagai studi tentang pengalaman hidup seseorang atau metode untuk ,mempelajari bagaimana individu secara subyektif merasakan pengalaman dan memberikan makna dari fenomena tersebut. Fenomenologi juga erat kaitannya dengan studi kesadaran (study of consciousness)
References
Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1974
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 1980.
Republika/ Jyasin Habibi. Tujuan utama menuntut ilmu menurut Naquib Al-Attas. (M.republika.co.id) di akses tgl 10 april 2021.
Asmaul Haq Mojoduwur, Tujuan mengamalkan asmaul haq. Fb.com(diakses pd tggl 26 jul 21)
Louis Ma’luf, Munjid, Beirut: Al-Maktabah Al-Katulikiyah, t.t.
Hombay, AS., EU Gaterby, H. Wakefield, The Advanced Leaner’s Dictionary of Current English, (London: Oxford University Press, 1973.
Team, Webster’s World University Dictionary.
Skripsi Desfahira 2020 h.53, Pengertian tenaga dalam. (repository.radenintan.ac.id)
Kirana UGM, Fenomenologi: Apa Yang Kita Rasakan Secara Individu Tidak Selalu Sama Dengan Yang Kita Maknai, feb.ugm.ac.id, diakses pd tggl 08 ags 2021pkl 00:34 wib.
Ponpes Karangsawo Paciran Lamongan, Ijazah Kubro Asma’ul Haq Dipp Karangsawo Lamongan,, Karangsawo.Com, diakses pd tggl 07 ags 2021.
Shofia Munawaroh, ’’Hikmah Mempelajari Dan Menghafalkan Asmaul Haq’’, saintif.com diakses pd tggl 07 ags 2021 pkl 14:04 wib.
IAIN Sumatera Utara, Pengantar Ilmu Tasawuf, ( Sumatera Utara, 1983/1984.
Jamil Saliba, Mu’jam al-Falsafi, Jilid II, (Beirut: Dar al-Kitab, 1979), hlm.72.
Al-Kalabazi, al-Ta’arruf li Mazhab ahl al-Tasawwuf, (Mesir: Dar al-Qahirah, t.t..
Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1983.
Copyright (c) 2022 Ahmad Yahya Tri Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The writers who publish their articles in the Journal of Spitualis must approve the copyright statement as follows:
1. All material contained in this site is protected by law.
2. If you find one or more articles contained in the Journal of Spiritualis : Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Principle Contact.
3. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)
license.
4. All Information contained in the Journal of Tribakti is academic. The Journal of Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman is not liable for any losses incurred by misuse of information from this site.