IMPLEMENTASI DZIKIR NAFS SEBAGAI STRATEGI PENGELOLAAN EMOSI PADA PM (PENERIMA MANFAAT) DI UPT PSBR BLITAR JAWA TIMUR
Abstract
Pengelolaan emosi pada remaja merupakan isu krusial yang membutuhkan perhatian serius, terutama bagi mereka yang sedang berada dalam fase pencarian identitas dan pembentukan karakter. Dzikir Nafs adalah menciptakan kesadaran spiritual yang mendalam dalam diri individu, pentingnya menghadirkan Allah dalam pikiran dan hati, sehingga individu dapat merasakan kehadiran-Nya sebagai sumber ketenangan dan kekuatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan seluruh PM (Penerima Manfaat) di UPT PSBR Blitar sebagai sasaran utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi selama pelaksanaan Dzikir Nafs. Secara keseluruhan, temuan penelitian ini menegaskan bahwa Dzikir Nafs memiliki kontribusi positif dalam mendukung pengelolaan emosi PM (Penerima Manfaat) di UPT PSBR Blitar. Praktik ini bukan hanya membantu mereka mengurangi stres dan kecemasan, tetapi juga meningkatkan kesadaran diri dan ketenangan batin, serta memperkuat aspek spiritualitas yang mendukung kesejahteraan psikologis mereka. Implementasi Dzikir Nafs sebagai strategi pengelolaan emosi di UPT PSBR Blitar terbukti efektif dalam memberikan berbagai manfaat psikologis dan spiritual bagi para Penerima Manfaat (PM). Melalui praktik Dzikir Nafs, PM (Penerima Manfaat) dapat mengurangi stres, meningkatkan kesadaran diri, dan meraih ketenangan batin. Praktik ini tidak hanya efektif dalam mengelola emosi negatif, tetapi juga berkontribusi pada penguatan aspek spiritualitas PM (Penerima Manfaat).
References
Al-Ghazali, Ihya „Ulumuddin, jilid IV, Terj. Moh. Zuhri, dkk (Semarang: Asy Syifa’, 1994), 584.
Anggraieni, Widuri Nur, and Subandi Subandi. "Pengaruh terapi relaksasi zikir untuk menurunkan stres pada penderita hipertensi esensial." JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) 6.1 (2014): 81-102. Hal. 86
Gratz, K. L., dan Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficultiesin Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 26, 41–54
Gross, J., Richards. M., dan John, O. P. (2006). Emotion Regulation in Everyday Life.
Hasanah, Ulfa Noor Laili Uswatun, and Siti Muthia Dinni. "PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES PADA SISWI KELAS X." Jurnal Psikohumanika 12.2 (2020): 159-178. Hal 160.
Huda, Ilham Ramadhani, and Satrio Artha Priyatna. "Studi Fenomenologi Kesejahteraan Emosional Praktisi Tasawuf." Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2.5 (2024): 105-118. Hal. 113.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang RentangKehidupan. Jakarta: Erlangga.
Miftakurrosyidin, M., & Wirawati, M. K. (2022). Penerapan Terapi Dzikir Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hipertensi Di Desa Baleadi. Jurnal Ners Widya Husada, 9(2).
Mulyani, I. (2023). Meneliti tentang Metode Penerapan Metode Dzikir Sebagai Terapi Keagamaan Dalam Penyembuhan Pasien Skizofrenia di Jalma Sehat Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Mursalin, Eko. Efektivitas Dzikir Tadzkiyah An-Nafs Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Majelis Tamasya Rohani Riyadhul Jannah Masjid Raya Taqwa Palembang. Diss. UIN RADEN FATAH PALEMBANG, 2018. Hal. 35.
Nurhermaya, A. D., & Nabilla, R. F. (2024). EFEKTIVITAS DZIKIR DALAM MENGURANGI STRES PADA REMAJA. Jurnal Kesehatan Dan Teknologi Medis (JKTM), 6(3).
Nurmalitasari, Femmi. "Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah." Buletin psikologi 23.2 (2015): 103-111. Hal. 106.
Purwanto, S. (2012). Dzikir Nafas.
Trimuliana, I. (2021, April 07). Pentingnya Pengelolaan Emosi dalam Proses Pengasuhan.
Yusof, N. B., & Wahab, M. N. B. A. (2017). KESAN MODUL BODY ORIENTED PSYCHOTHERAPY, SPIRITUAL BODY ORIENTED PSYCHOTHERAPY, TEKNIK BIOFEEDBACK TERHADAP REMAJA BERMASALAH DISIPLIN DI INSTITUT LATIHAN TEKNIKAL. Journal of Holistic Student Development, 4(1).
Zulkarnain, Zulkarnain. "Emosional: Tinjauan Al-Qur'an dan Relevansinya dalam Pendidikan." Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 5.2 (2018): 183-197. Hal. 91.
Copyright (c) 2025 Zainura Nada, Yuli Darwati, Khalyend Nayakiza A., Putri Patrisya, Hafidzah Rahmah Salasah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The writers who publish their articles in the Journal of Spitualis must approve the copyright statement as follows:
1. All material contained in this site is protected by law.
2. If you find one or more articles contained in the Journal of Spiritualis : Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Principle Contact.
3. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)
license.
4. All Information contained in the Journal of Tribakti is academic. The Journal of Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman is not liable for any losses incurred by misuse of information from this site.