INTEGRASI KONSEP TASAWUF QURAISH SHIHAB DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
الملخص
Mensinergikan nilai – nilai islam dalam dunia pendidikan penting dilakukan untuk menciptakan karakter siswa yang Islami baik secara mental maupun spiritual. Salah satunya dengan cara meng-integrasikan konsep-konsep tasawuf kedalam kurikulum pendidikan agama islam.
Dalam konteks konsep tasawuf yang berkaca pada ulama lokal, salah satunya adalah Quraish Shihab, perlu kiranya meng-itegrasikan kosepnya dalam pendidikan, terutama ketika konsep tersebut berakar pada ajaran tradisi Islam. Dalam Penelitian ini mengeksplorasi integrasi konsep tasawuf, khususnya zuhud dan tawakal menurut pemikiran Quraish Shihab, dalam pendidikan agama Islam. Zuhud, sebagai sikap hidup sederhana dan tidak tergantung pada materi, serta tawakal, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan setelah berusaha, adalah dua konsep utama dalam tasawuf yang penting untuk pengembangan spiritual. Quraish Shihab, melalui berbagai karya dan interpretasinya, menawarkan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana kedua konsep ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta pendidikan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, mencakup analisis teks-teks Quraish Shihab dan implementasinya dalam kurikulum pendidikan agama Islam.
Penelitian menunjukkan bahwa integrasi konsep zuhud dan tawakal dalam pendidikan agama Islam sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai spiritual dan moral pada siswa.Dengan mengajarkan siswa tentang pentingnya kesederhanaan, keterikatan, dan kepercayaan kepada Allah, pendidikan dapat membentuk karakter yang seimbang dan bermakna, yang menjamin keberhasilan di dunia dan akhirat. Ajaran Zuhud dan Tawakkal memberikan landasan yang kuat bagi para siswa untuk menghadapi tantangan hidup dengan sikap positif dan ketekunan, yang pada akhirnya mengarah pada kehidupan yang holistik dan memuaskan
المراجع
Al Faruqi, Achmad Reza Hutama dkk, Konsep Tawakal menurut Abdul Malik Karim Amrullah dan Relevansinya terhadap Kehidupan Sosial, Spiritual Healing : Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi Vol 3, No:2 December 2022:72-82
https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Quraish_Shihab
Muhammad, Hasyim. Dialog Antara Tasawuf dan Psikologi Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2002.
Mustakim, Muh. ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Hakikat Pendidikan Dalam Perspektif Islam). Jurnal At Tajdid. 2012
Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf . Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1996
Nizame, Shaque. Mohammad Zia Ul Haq Katshu, and NA Uvais. Sufisme Mental Health Indian Journal of Psychiatry, 2013.
Paul L. Heck, Sufism, What Is It Exackly?. Religion Compass, 2007, https://doi.org/10.1111/j.1749-8171.2006.00011.x.
--------------------- Sufism? What Is It Exackly? Religion Compass, 2007, https://doi.org/10.1111/j.1749-8171.2006.00011.x
------------------ Mysticism As Morality : The Case Of Sufism. Journal of Religious Ethics. 2006, https://doi.org/10.1111/j.1467-9795.2006.00268.x
Qomar, Mujamil. Meniti Jalan Pendidikan Islam Yogyakarta: P3M STAIN Tulungagung dan Pustaka Pelajar, 2013
Quddus, Dr. Abdul MA. AKHLAK TASAWUF : (Mazhab cinta meraih kebahagiaan Dunia & Akherat).Sanabil 2020, Cet. 1
Rosyidi. Dakwah Sufistik Kang Jalal .Jakarta: Paramadina, 2004
Setiawan, Bahar Agus dkk. Tasawuf Implementation In Islamic Education: Independence, Dialogue And Integration. Jurnal Potensia, Vol. 5 No. 1 2019
Shihab,M. Quraish.Wawasan al-Quran, Bandung : PT Mizan Pustaka 2000
--------------------- Wawasan al-Qur’an Bandung : Mizan, 2001
-----------------, Membumikan al-Quran Jilid 2 Jakarta: Lentera Hati, 2010
Su’dadah. Kedudukan dan Tujuan Pendidikan Islam Disekolah. Jurnal Kependidikan 2014
Syukri. Dimensi Sufistik dalam Pemikiran M. Quraish Shihab: Telaah tentang Konsep Zuhud dan Tawakkal dalam Tafsir al-Mishbah, Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf issn 2460-7576 eissn 2502-8847
Rozak, Abdul. Filsafat Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2010
Zed, Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008
الحقوق الفكرية (c) 2024 alfin

هذا العمل مرخص حسب الرخصة Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The writers who publish their articles in the Journal of Spitualis must approve the copyright statement as follows:
1. All material contained in this site is protected by law.
2. If you find one or more articles contained in the Journal of Spiritualis : Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf that violate or potentially infringe your copyright, please report it to us, via email to Principle Contact.
3. The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)
license.
4. All Information contained in the Journal of Tribakti is academic. The Journal of Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman is not liable for any losses incurred by misuse of information from this site.