Pendampingan Penggunaan Metode Pembelajaran Variatif Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Ketawang Gondang Nganjuk

  • Suhartono Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Anik Indramawan Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Pendampingan, Metode Pembelajaran Variatif, Pembelajaran Efektif, Madrasah Diniyah

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran. Efektif dan tidaknya proses pembelajaran terletak pada ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Adapun kondisi yang terjadi di lembaga mitra yakni ustadz dan ustadzah di Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Ketawang, Gondang, Nganjuk dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga proses pembelajaran monoton, membosankan, dan tidak efektif. Solusi diadakan pendampingan sebagai bentuk dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan memberikan pendampingan kepada ustadz dan ustadzah di Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Ketawang, Gondang, Nganjuk dalam penggunaan metode pembelajaran variatif sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang efektif. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya motivasi yang tinggi, peningkatan pemahaman, dan kemampuan subyek dampingan dalam praktik penggunaan metode pembelajaran variatif pada proses pembelajaran dengan kategori hasil yang baik.

Published
2024-02-29