Pendampingan Pengelolaan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Diniyah Al-Mukhlisin Ketawang Gondang Nganjuk

  • Suhartono
  • Anik Indramawan Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Agus Tohawi Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Pendampingan, Pengelolaan, Mutu Pembelajaran

Abstract

Pengelolaan mutu pembelajaran merupakan proses menata mutu pembelajaran secara utuh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajarann yang efektif dan efisien. Adapun kondisi pembelajaran di lembaga mitra dampingan masih berjalan apa adanya, tanpa pengelolaan pembelajaran yang efektif, sehingga perlu dilakukan pendampingan sebagai bentuk dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan memberikan pendampingan kepada guru di Madrasah Diniyah Al-Mukhlisin Ketawang, Gondang, Nganjuk dalam pengelolaan mutu pembelajaran efektif dan berkualitas. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya motivasi subyek dampingan yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pendampingan dengan persentase 100% dalam kategori sangat baik, peningkatan pemahaman subyek dampingan pada pengelolaan mutu pembelajaran dengan persentase adalah 87,50% dalam kategori sangat baik, dan kemampuan subyek dampingan dalam praktik dalam menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran dan instrumen penilaian. dengan persentase adalah 75,00% dalam kategori baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dikatakan berhasil dan perlu ditindaklanjuti dalam pengelolaan pembelajaran, agar pembelajaran dapat tercipta efektif dan berkualitas.

Published
2024-08-31