Peningkatan Pemahaman dan Implementasi Nilai-nilai Keislaman Melalui Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Tantangan dan Prospek di Sekolah Dasar

  • mastur

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar menghadapi tantangan dan prospek yang kompleks dalam meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai keislaman di kalangan siswa. Artikel ini menyajikan analisis mendalam tentang berbagai aspek yang terlibat dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar. Tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, tekanan kurikulum, dan integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum. Namun, terdapat pula prospek yang menjanjikan, seperti partisipasi aktif siswa, integrasi teknologi, pendekatan inklusif, evaluasi kurikulum, dan peran orang tua serta masyarakat.

Penelitian kualitatif menjadi metode utama dalam mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang dinamika pembelajaran PAI di sekolah dasar. Dengan mempertimbangkan temuan dari berbagai studi, langkah-langkah strategis dapat dirumuskan, termasuk pelatihan guru yang intensif, integrasi teknologi dalam pembelajaran, partisipasi aktif siswa, dan kerjasama yang erat antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat.

Kesimpulannya, artikel ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan profesionalisme guru, dukungan berkelanjutan dalam pengembangan model pembelajaran PAI, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam memperkuat pembelajaran agama Islam di sekolah dasar. Dengan demikian, pembelajaran agama Islam dapat menjadi lebih inklusif, relevan, dan memberi dampak positif bagi perkembangan holistik siswa dalam memahami dan menghayati ajaran agama Islam.

Published
2024-02-03