MODEL FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI INOVATIF MODEL PEMBELAJARAN DALAM PEMAHAMAN PENULISAN MAKALAH MAHASISWA SEMESTER AWAL

  • suhartono
  • anik indramawan

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi merupakan salah satu instrumen untuk mengukur kepribadian mahasiswa menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dan berbahasa Indonesia. Mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan bahasa Indonesia, salah satunya dalam penulisan makalah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis makalah bahasa Indonesia, dosen menerapkan model flipped classroom. Penggunaan model ini bertujuan meningkatkan pemahaman penulisan makalah pada mahasiswa semester awal Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk.  Pada penerapan, langkah-langkah pembelajaran di luar kelas, dosen memberikan materi teknik penulisan makalah melalui grup WhatsApp dan penugasan untuk membuat makalah dengan berkelompok. Di dalam kelas, kelompok mahasiswa mempresentasikan dan berdiskusi tentang materi yang ditugaskan oleh dosen. Selanjutnya, dosen memberikan penguatan dan evaluasi, serta mahasiswa menindaklanjuti merevisi makalah. Model flipped classroom dapat dijadikan sebagai solusi inovatif model pembelajaran bahasa Indonesia dalam pemahaman penulisan makalah pada mahasiswa semester awal.

Published
2024-02-03