Implementasi ekstrakurikuler keagamaan Islam dalam penguatan etika berbudi luhur pada pelajar Madrasah Aliyah
Abstract
Konteks Penelitian: kegiatan ektrakurikuler keagamaan yang berada pada tingkat Madrasah Aliyah bertujuan meningkatkan kepahaman siswa terhadap agama sehingga mampu mengembangkan dirinya sejalan dengan norma-norma agama, meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik , budaya dan alam sekitar. mengembangkan keterampilan siswa, membentuk karakter religius siswa.Tujuan Penelitian: untuk mendeskripsikan (1) Pengorganisasian program dalam penerapan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, (2) pelaksanaan program penerapan program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, (3) pengawasan program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.Metode Penelitian: (1). pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif, (2) kehadiran peneliti: peneliti datang langsung ke lokasi penelitian untuk menggali data langsung, (3). lokasi penelitian di MA Nahdlatul Ulama’ Mojosari Nganjuk, (4). data dan sumber data: kata-kata dan tindakan diperoleh dari subyek wawancara dan observasi, dan data terlulis berasal dari dokumentasi, (5). prosedur pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi, (6). analisis data: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi, (7). tahap-tahap penelitian: penentuan masalah, penggalian data, analisis, penyusunan laporan. Hasil Penelitian: (1) Secara keseluruhan penerapan ekstrakurikuler keagamaan Islam dalam meningkatkan Etika Beragama peserta didik berjalan dengan baik dan terarah karena memberikan dampak yang baik kepada peserta didik, memberikan perubahan pribadi peserta didik menjadi lebih baik dan juga dapat menumbuhkan sikap siswa untuk bertindak positif yang berorientasi pada nilai-nilai ketuhanan.(2) tetapi terkadang masih ada peserta didik yang kurang disiplin dan istiqomah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler keagamaan ini yang memberikan dampak hambatan bagi tercapai nya hasil kegiatan yang baik. Namun ketika dilakukan evaluasi sehingga hambatan-hambatan itu dapat di selesai kan dengan baik, maka hasil yang didapat dari penerapan ekstrakurikuler keagamaan Islam dalam meningkatkan Etika Beragama peserta didik di MA Nahdlatul Ulama’ Mojosari berhasil maksimal