Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Teknik Penulisan Karya Ilmiah pada Perkuliahan Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia di semester awal program studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment. Penelitian ini dilakukan pada Perkuliahan Bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah Mahasaiswa semester 1 A dan 1 C program studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk tahun akademik 2022/2023. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dan uji hipotesis menggunakan uji Anova one way dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model flipped classroom memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia, yakni (1) hasil skor keterlaksanaan perkuliahan dengan model flipped classroom dengan rata-rata skor 100 atau kategori baik; dan (2) rata-rata nilai tes pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia oleh mahasiswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model flipped classroom adalah 72.17 lebih baik dibandingkan rata-rata nilai model direct instruction adalah 66.04. Adapun nilai signifikansi dari hasil uji Anova one way adalah 0,008 atau kurang dari 0,05 (0,008<0,05), maka terdapat perbedaan pengaruh dari kedua model pembelajaran tersebut, dimana model flipped classroom lebih baik dalam pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia bagi mahasiswa daripada penerapan model direct instruction. Hal ini berarti, model flipped classroom dapat dijadikan solusi inovatif model perkuliahan (pembelajaran) untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.