Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah

  • Suhartono
  • Anik Indramawan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah dengan model blended learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas atas MI Darussalam Sambiroto Baron Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model blended learning, guru kelas menyiapkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar, materi pembelajaran, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan  instrumen penilaian pembelajaran, (2) pembelajaran bahasa Indonesia dengan model blended learning, guru kelas menerapkan perpaduan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran daring (online) dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.  Sedangkan, tahapan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan awal (pendahuluan), kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup), dan (3) penilaian pembelajaran bahasa dengan model blended learning, guru kelas menerapkan  penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, sehingga perlu dikembangkan penilaian otentik  yaitu penilaian proses dan hasil belajar pada penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Published
2022-08-15