PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERPARADIGMA KRITIS TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATAN KREATIFITAS BERFIKIR PESERTA DIDIK

  • Moh. Miftahul Arifin

Abstract

Problematisasi terhadap modernisme pendidikan, dengan melihat kelemahan dan kelebihan “Filsafat Modern” yang dimulai dari Rasionalisme, Empirisme, dan Positivisme bahkan Saintivisme”.Dan untuk menjalani studi kritik terhadap landasan epistemologi pengetahuan modernisme pendidikan di atas penulis menggunakan semangat pengetahuan filsafat mulai Madzhab Kritis sampai Posmodern, sehingga akan lebih terlihat kelemahan dan kebaikan modernisme pendidikan. Untuk itulah, akan diformulasikan pendidikan yang menjadikan madzhab kritis dan pos modern sebagai landasan epistimologinya dengan istilah “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Peserta Didikuntuk mengkritisi modernisme pendidikan dengan harapan akan terjadi perubahan (transformasi) baik disisi pengembangan pengetahuannya maupun kehidupan sosial yang dikehendakinya, yang tentunya berbeda dengan harapan modernisme pendidikan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kritis transformatif dapat digunakan sebagai inovasi untuk arah baru Pendidikan, baik di epistimologi pengembangan pengetahuannya, hubungan sekolah dan masyarakat (dari subyek-subyek menjadi partisipatoris intersubyektif), hubungan sekolah dan masyarakat (dari induvidualismen jadi partisipator) kurikulum (dari vertikal menjadi horizontal), serta pola pembelajaran (dari intimidatif menjadi partisipatoris), tujuan pembelajaran (menjadi lebih mandiri, kritis dan pekasosial), isi pembelajaran (lebih komunikatif), metode pembelajaran (dari dogmatis menjadi dialogis intersubyektif), pendekatan pembelajaran(dari pedagogis dogmatis menjadi andragogy dialogis) evaluasi pembelajarannya (lebih partisipatoris dan komprehensif), dan pengelolaan media pembelajaran (lebih tepat guna) maupun dalam kehidupan sosialnya yang berkeadilan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat di jadikan wahana yang konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Indonesia kedepan, baik secara teoritis maupun praktis, selain itu hasil penilaian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini

Published
2023-11-20