PENGARUH LABEL HALAL, PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UD PUTRA TANJUNG PRAMBON NGANJUK

  • Erlina Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Moch. Alfandi Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Niken Sari P.H. Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Pengaruh Label Halal, Penetapan Harga, Kualitas Produk

Abstract

Semakin tingginya persaingan bisnis yang sangat ketat mengharuskan pelaku usaha untuk memiliki keunggulan kompetitif untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen baik dalam label halal, harga dan kualitas produknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaigaimana label halal, penetapan harga, kualitas produk dan apakah label halal, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk UD Putra Tanjung Prambon Nganjuk. Variabel yang digunakan yaitu label halal, harga. kualitas produk, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen UD Putra Tanjung Prambon Nganjuk. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Label halal secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian di UD Putra Tanjung Nganjuk dengan nilai signifikan variabel label halal sebesar 0,036 kurang dari taraf signifikasi 0.05. 2) Harga secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian di UD Putra Tanjung Nganjuk dengan nilai signifikan variabel harga adalah sebesar 0,008 kurang dari taraf signifikasi 0.05. 3) Kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian di UD Putra Tanjung Nganjuk dengan nilai signifikan variabel kualitas produk sebesar 0,020 kurang dari taraf signifikasi 0,05. 4) Label halal, harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian di UD Putra Tanjung Nganjuk dengan nilai nilai Adjusted R Square sebesar 0,739. Dengan demikian menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh label halal, harga dan kualitas produk, sebesar 69,8% dan sisanya sebesar 26,1% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Published
2023-11-25