Karakteristik Pesan Dalam Komunikasi Politik

  • Ahmad Sampurna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Latifah Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sabila Husna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Irfan Diki Wahyudi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmatan Lil Alamin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Karakteristik, Politik, Komunikasi

Abstract

Komunikasi tidak pernah bisa terlepas dari manusia karena senantiasa dibutuhkan untuk bertukar informasi didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini juga dirasakan didalam dunia politik, dimana komunikasi menjadi komponen yang sangat penting. Mengingat bahwa komunikasi politik merupakan pesan yang disampaikan oleh aktor-aktor politik yang berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, serta kebijakan pemerintah, berarti pesan yang disampaikan harus sejalan dengan arti politik itu sendiri. Dalam komunikasi politik, pesan merupakan kekuatan yang tidak mungkin diabaikan bahkan pesan adalah raja (content is the king). Berartinya derajat pesan berimplikasi pada bermacam-macam wujud kemasan pesan yang dikonstruksi sedemikian rupa, cocok dengan tujuan serta dampak yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakteristik pesan dalam berkomunikasi politik agar pesan yang disampaikan diterima dengan baik dan mudah. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi dikarenakan penelitian pustaka. Maka pengumpulan data ditentukan dengan menelaahan literature dan bahan pustaka yang relevan terhadap masalah yang diteliti baik dari buku-buku maupun data dari bahan pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pesan dalam komunikasi politik dapat dilihat dari keberagaman pembicaraan politik, jenis-jenis pesan politik, sifat pembicara politik, keterbatasan bahasa, pesan verbal dan nonverbal, hal ini amat berguna untuk mendistribusikan pesan tadi ke warga dengan baik yang sesuai dengan karakteristik pesan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, K. (2023). Komunikasi Politik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Heryanto, G. G. (2018). Media Komunikasi Politik: Relasi Kuasa Media di Panggung Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Heryanto, G. G. (2018). Problematika Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Kustiawan, W., Fauzi, A., Haqqi, D., Sapiruddin, M., Imam, R. K., & Puspita, R. (2022). Karakteristik Dalam Komunikasi Politik Mengemas Pesan Politik. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen , 2017-2024.
Mulyana, D. (2013). Komunikasi Politik Politik Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pureklolon, T. T. (2016). Komunikasi Politik . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2024-06-27
How to Cite
Ahmad Sampurna, Latifah Wulandari, Sabila Husna, Irfan Diki Wahyudi, & Rahmatan Lil Alamin. (2024). Karakteristik Pesan Dalam Komunikasi Politik. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 145-158. https://doi.org/10.53429/j-kis.v5i1.975