Evaluasi Komunikasi Publik dalam Dakwah
Analisis Konten Dakwah Gus Iqdam di Media Sosial Youtube Short dan Tik Tok Edisi April 2024
Abstract
Fokus dan tujuan penelitian ini akan membahas terkait evaluasi konten dakwah yang disampaikan oleh seorang pendakwah populer yaitu Gus Iqdam, melalui dua media sosial yang sering digunakan oleh netizen, yaitu media sosial Youtube Short dan Tik Tok pada periode April 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah menganalisis beberapa video atau konten yang diunggah pada media sosial Youtube Short dan Tik Tok milik Gus Iqdam periode April 2024. Akun Youtube yaitu @gusiqdamofficial1024 dan akun Tik Tok yaitu @hadrohsabilutaubah. Kemudian data tersebut dibandingkan dan diambil kesimpulan. Hasil pada penelitian ini yaitu upaya penyebaran dakwah yang dilakukan oleh Gus Iqdam dengan memanfaatkan media sosial Youtube Short dan Tik Tok sudah sangat tepat, efektif, dan serta strategi yang baik untuk menjangkau mad’u yang lebih luas. Perbandingan lima video yang diunggah pada Youtube Short dan media Tik Tok menunjukkan angka yang signifikan yaitu lebih baik dan efektif media Tik Tok dibandingkan media Youtube-nya Gus Iqdam. Baik berdasarkan jumlah ditonton, suka, komentar, konten yang dibagikan, dan respons yang diberikan mad’u terhadap konten yang dilihat. Hal ini dilakukan dengan baik maka semakin luas jangkauannya, memiliki daya tarik yang kuat, dan mampu memenuhi kebutuhan mad’u.
Downloads
References
Antri Sowan Gus Iqdam. (2024, Desember 5). Diambil 13 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah/video/7358442306510425349?_t=8mIwuqb2KSf&_r=1
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2), A438–A443. https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923
Cara Menanggapi Komentar Negatif di Media Sosial, Perlu Diketahui. (2021, Januari 7). Diambil 14 Mei 2024, dari Merdeka.com website: https://www.merdeka.com/jateng/cara-menanggapi-komentar-negatif-di-media-sosial-perlu-diketahui-kln.html
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dam Campuran (4 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah: (Studi Kasus Ustad Syam, di akun @syam_elmarusy). Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 11(02), 180–194. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i02.2068
Gus Iqdam Jalan-Jalan Pagi. (2024, Mei 14). Diambil 13 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah/video/7358709158016781573?_t=8mIwu5NyCen&_r=1
Gus Iqdam Official—YouTube. (2024, Desember 5). Diambil 12 Mei 2024, dari https://www.youtube.com/@gusiqdamofficial1024
Hayat, N. M., & Riam, Z. A. (2022). Peran Komunikasi Dakwah di Era Digital Upaya Maksimal Pembelajaran Agama Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 227–240. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.791
Hikmawati, S. A., & Farida, L. (2021). Pemanfaatan Media Tik Tok sebagai Media Dakwah bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i1.215
Kiat Menghadapi Putus Cinta dengan Bijak: Pengajian Gus Iqdam. (2024). Diambil dari https://www.youtube.com/shorts/9MAk-C_Lw0w
“Kisah Inspiratif dari Pengajian Gus Iqdam” #gusiqdham #pengajianonline. (2024). Diambil dari https://www.youtube.com/shorts/Yv_AYL8i43g
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), 148–158. https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1373
Meiliana, Pratiwi, R., & Harumi, M. (2021). Penggunaan TikTok dan YouTube sebagai Media Edukasi Pangan Kelompok Usia Remaja dan Dewasa. Servirisma: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45–60. https://doi.org/10.21460/servirisma.2021.11.5
Mendalami Ilmu Agama Bersama Gus Iqdam. (2024). Diambil dari https://www.youtube.com/shorts/DMueD3hVF7g
Mengatasi Putus Cinta dengan Semangat Hidup: Pengajian Gus Iqdam. (2024). Diambil dari https://www.youtube.com/shorts/IUajWkbpvIo
Menggali Berkah Kesabaran: Pesan Gus Iqdam. (2024). Diambil dari https://www.youtube.com/shorts/guOsvqXsbF0
Mohammad, W., Austi, D. F., Saifurrahman, H., Fiqrussalam, J. R., & Sulthoni, A. U. (2023). Pengaruh Jumlah Video Terhadap Jumlah Subscribers dengan Concurrent Viewers Sebagai Variabel Intervening pada Virtual Youtuber Indonesia. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.6578/tjmis.v1i3.67
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.1-11
Mubarokah, A., Albian, A., & Faristiana, A. R. (2023). Strategi Dakwah Bil Lisan Gus Iqdam dalam Meningkatkan Religiusitas Mad’u Melalui Majelis Ta’lim Sabilu Taubah. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(2), 112–122. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i2.130
Musofahah dengan Jamaah. (2024, Desember 5). Diambil 13 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah/video/7358503482267028741?_t=8mIwvth9Ao4&_r=1
Novita, D., Suryani, E., Morlian, A., Widyastuti, M., & Fadhilah. (2020). Evaluasi Komunikasi Publik Komisi Pemilihan Umum Melalui Media Sosial pada Pemilihan Umum 2019. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 8(2), 159–176. https://doi.org/10.30656/sawala.v8i2.2824
Open House Ndalem Gus Iqdam Hari kedua. (2024, Desember 5). Diambil 13 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah/video/7358055479219686661?_t=8mIwwVsB01R&_r=1
Palupi, R., Istiqomah, U., Fravisdha, F. V., Septiana, N. L., & Sarapil, A. M. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Era Modern. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 5(1), 89.
Pembukaan Rutinan Ngaji. (2024, Mei 14). Diambil 13 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah/video/7361111119450098949?_r=1&_t=8mIwslfl3HV
Prasongko, W. A., & Aisyah, S. (2024). Media Dakwah dalam Perspektif Tafsir Kementerian Agama RI (Kemenag RI) dan Ibnu Katsir. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 105–124.
Ridlo, M. (2023, Oktober 4). Top 3 Islami: Kejadian Misterius Gus Iqdam yang Disaksikan Banser Taiwan, Sungai Mengering Tanda Kiamat. Diambil 6 Mei 2024, dari Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/islami/read/5413807/top-3-islami-kejadian-misterius-gus-iqdam-yang-disaksikan-banser-taiwan-sungai-mengering-tanda-kiamat
Rizki, J. W. S., & Siregar, E. Z. (2021). Manajemen Komunikasi Dakwah Pemberdayaan Masyarakat melalui Lazisnu Kota Padangsidimpuan. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 21(2), 132–149. https://doi.org/10.15575/anida.v21i2.14920
S, R. A. W., Rahmadi, R., & Rajagede, R. A. (2021). Analisis Sentimen Politik Berdasarkan Big Data dari Media Sosial Youtube: Sebuah Tinjauan Literatur. Automata, 2(1). Diambil dari https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/17353
Sabilu_Taubah Official (@hadrohsabilutaubah). (2024, Desember 5). Diambil 12 Mei 2024, dari TikTok website: https://www.tiktok.com/@hadrohsabilutaubah?_t=8m8q7VnAmye&_r=1
Saihu, M. (2022). Dampak Negatif Media Sosial Youtube terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2). Diambil dari https://jurnal.stitalamin.ac.id/index.php/alamin/article/view/127
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
Saputra, W., Sugiarti, E., & Utami, K. W. (2023). Strategi Komunikasi Dakwah pada Komunitas Bikers dalam Membentuk Citra Positif (Bikers Dakwah). IInteraksi Peradaban: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 30–49. https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i1.31452
Shohib. (2018). Hakikat dan Tujuan Dakwah dalam Mewujudkan Kehidupan yang Damai dan Harmonis. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32), 83–88. https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.56
Silvianto, H. (2017). Evaluasi Komunikasi Publik Kementerian ESDM Tahun 2015. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.33822/gk.v1i1.303
Suri, I., Hidayat, N., & Halim, U. (2021). Komunikasi Kesehatan di Era Digital: Strategi Pemerintah dalam Sosialisasi Program Vaksin Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(4), 850–858. https://doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.850-858
Syamaun, S., & Yuliastika, E. (2023). Pola Komunikasi Dakwah Da’i dan Da’iyah Kota Banda Aceh. Stimulus: International Journal of Communication and Social Sciences, 1(1), 55–77.
Wahyuni, C. S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pandangan Islam Sebagai Media Dakwah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4522–4528.
Yuwafik, M. H., & Hidayah, D. F. (2024). Strategi Dakwah Gus Iqdam dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan pada Akun Tiktok @Gus1qdammuhammad. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 56–67.
Copyright (c) 2024 Wahyu Agung Prasongko, Siti Aisyah, Muhamad Arif Roziqin, Riska Furi Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.