Telaah Sikap Mahasiswa Muslim Rumpun Ilmu Sosial-Politik Akibat Terpaan Pemberitaan Hoaks Pemilu 2024 di Instagram
Abstract
Social media has been utilized as a medium to disseminate political information about the 2024 elections to the public. The dissemination of political information using social media seeks to target and attract voters from the Millennials and Z generations. The purpose of this study is to determine the effect of exposure to the hoax news of the 2024 Election on Instagram on student attitudes. This theory uses Muzafer Sherif's (1982) social appraisal theory to look at message judgments made by audiences. Our study is based on the paradigm (positivism) with an explanatory type quantitative approach. Data were collected using the survey method through questionnaires to 100 students as the study sample. The sampling used a purposive type, which sets the criteria as Instagram users who have seen hoax information about the 2024 Election. The results showed that exposure to hoax news about the 2024 Election had a significant effect on student attitudes.
Keywords: Attitudes; Hoaxes News; Media Exposure; Social Judgement; Social Media
Abstrak
Media sosial telah dimanfaatkan sebagai media menyebarkan informasi politik tentang Pemilu 2024 kepada masyarakat. Penyebaran informasi politik menggunakan media sosial berusaha untuk menyasar dan menggaet pemilih yang berasal dari generasi Millenials dan Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek terpaan pemberitaan hoaks Pemilu 2024 di Instagram terhadap sikap mahasiswa. Teori ini menggunakan teori peneliaian sosial dari Muzafer Sherif (1982) untuk melihat penilaian pesan yang dilakukan oleh khalayak. Studi kami berlandaskan paradigma (positivisme) dengan pendekatan kuantitatif jenis eksplanatif. Pengumpulan data dengan metode survei melalui kuesioner kepada sebanyak 100 mahasiswa sebagai sampel studi. Pengambilan sampel menggunakan jenis purposive, yaitu menetapkan kriteria sebagai pengguna Instagram yang pernah melihat informasi hoaks tentang Pemilu 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan pemberitaan hoaks Pemilu 2024 berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa.
Downloads
References
Asa Akhrani, Lusy, Ika Herani, Ibnu Asqori Pohan, and Muhammad Afif Alhad. 2020. “Kekacauan Pemilu 2019: Fenomena Firehose of Falsehood Dalam Relasi Sikap Terhadap HOAX Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Komisi Pemilihan Umum.” Jurnal Transformative 6 (1): 1–27. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.01.1.
Finaka, Andrean W. 2023. “Gen Z Dan Milenial Mendominasi Pemilih Pemilu 2024.” Indonesiabaik.Id. 2023.
Kamilah, Chairunnisa, and Nur Atnan. 2021. “The Analysis of Bandung University Students’ Ability in Identifying Hoaxes.” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi 10 (1): 8–15. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i3.1361.
Kurniawati, Laurencia Steffanie Mega Wijaya, Rustono Farady Marta, and Mercedes Amanda. 2021. “Utilization of Covid-19 Digital Media Literacy through The New Habit Marble Online Game in Early Children.” Journal Communication Spectrum 10 (2). https://doi.org/10.36782/jcs.v10i2.2142.
Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi AntarPersonal. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss, and John G. Oetzel. 2017. Theories of Human Communication. Eleventh E. Illinois: Waveland Press, Inc.
Maisaroh, Siti, Zakariya Putra Pratama, and Andhita Risko Faristiana. 2023. “Respon Mahasiswa Iain Ponorogo Terhadap Berita Hoaxs Pemilu 2024 Di Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Research Student 1 (2). https://doi.org/Doi :https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.307.
Marta, Rustono Farady, Fiolita Desyana, Helena Elmydea Shinta, Timotius Saliman, and Mufid Salim. 2022. “Frekuensi Menonton Pemberitaan Televisi Tentang Kematian Akibat COVID-19 Berkontribusi Pada Kecemasan Mahasiswa Di Kota Tangerang.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 20 (01): 85–97. https://doi.org/10.46937/20202239815.
Marta, Rustono Farady, and Denise Monica William. 2016. “Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui PostingInstagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif Pada Komunitas Food Blogger#WTFoodies).” Jurnal Komunikasi 8 (1): 68–82.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
———. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Massa: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Muljono, Pudji. 2012. Metodologi Penelitian Sosial. Bogor: IPB Press.
Noviani, Ade, and Sri Wijayanti. 2022. “Instagram Sebagai Medium Pesan Komunitas Ibu Tunggal Di Indonesia(Studi Netnografi Di Akun Instagram @singlemomsindonesia).” Jurnal Netnografi Komunikasi 1 (1).
Nufindra, Ardin, Rustono Farady Marta, Fitri Sarasati Mulyadi, Engliana Engliana, and Rosmalia Ahmad. 2023. “Stimulation of Anxiety Management for Instagram Followers @najwashihab by Comparing the Credibility of Quraish Shihab and Najwa Shihab.” Kalijaga Journal of Communication 5 (2): 176–94. https://doi.org/10.14421/kjc.52.05.2023.
Nurdin, Ali. 2020. Teori Komunikasi Interpersonal: Disertai Contoh Fenomena Praktif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nurrahmi, Febri, and Hamdani M. Syam. 2020. “Perilaku Informasi Mahasiswa Dan Hoaks Di Media Sosial.” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (2): 129–46. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215.
Röhner, Jessica, and Astrid Schütz. 2023. Psychology of Communication. Switzerland: Springer.
Romli, Asep Syamsul M. 2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Saifulloh, Muhammad, and Sofyan. 2022. Metode Survei Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Salma, Aqida Nuril. 2019. “Defining Digital Literacy in the Age of Computational Propaganda and Hate Spin Politics.” In KnE Social Sciences, 323–338. https://doi.org/10.18502/kss.v3i20.4945.
Samosir, Osbin, and Indah Novitasari. 2022. “Hak Politik Warga Negara Dalam Cengkeraman Politik Identitas: Refleksi Menuju Pemilu Serentak Nasional Tahun 2024.” Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik 2 (3): 332–46. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.
Santoso, Singgih. 2019. Mahir Statistik Parametrik: Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Satrio, Bhakti. 2023. “Bawaslu Prediksi Puncak Hoaks Pemilu 2024 Akan Terjadi Di Bulan Februari 2024.” Www.Bawaslu.Go.Id. 2023.
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Sitepu, Yovita Sabarina, Hendra Harahap, and Februati Trimurni. 2021. “Digital Literacy of Social Media Users In Medan City In Facing Hoax.” International Journal of Modern Trends in Social Sciences 4 (15): 97–113. https://doi.org/10.35631/IJMTSS.415009.
Sudaryono. 2021. Statistik II: Statistik Inferensial Untuk Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, Pratiwi. 2019. “Hoax in Modern Politics: The Meaning of Hoax in Indonesian Politics and Democracy.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 22 (2): 85. https://doi.org/10.22146/jsp.34614.
Wahyuddin, Lutfiah Firdausiah Ersa, Gusti Aningsih, Taufik Hidayat, and Sonni Alem Febri. 2024. “NETWORK ANALYSIS OF ONLINE FRAUD COMMUNICATION THROUGH SOCIAL MEDIA WHATSAPP MESSENGER.” Jurnal Netnografi Komunikasi Vol.2 2 (2): 33–50.
We Are Social. 2024. “Indonesia Digital 2024.”
Wearesocial. 2023. “Digital 2023 Indonesia.” We Are Social. 2023.
Widaningsih, T. Titi, Marcellio M.W. Kusumaningrat, and Rustono Farady Marta. 2023. “The Influence of TikTok Content Creator on Consumptive Behavior of Teenagers in Online Shopping.” Jurnal ASPIKOM 8 (2). https://doi.org/10.24329/aspikom.v8i2.1206.
Yanti, Fitri. 2021. Psikologi Komunikasi. Lampung: CV. Agree Media Publishing.
Yarchi, Moran, Christian Baden, and Neta Kligler-Vilenchik. 2021. “Political Polarization on the Digital Sphere: A Cross-Platform, Over-Time Analysis of Interactional, Positional, and Affective Polarization on Social Media.” Political Communication 38 (1–2): 98–139. https://doi.org/10.1080/10584609.2020.1785067.
Copyright (c) 2024 Monica Andriyani, Imaliya, Rustono Farady Marta, Rosmalia Ahmad, Wahyuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.