Penayangan Film Freedom Writers Sebagai Pemberdaya Pendidikan Karakter Melalui Film di Aplikasi Netflix

  • Nazhmia Ulzana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Najla Jihan Kamila UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Anandea Putri Suci Setyaningrum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Pia Khoirotun Nisa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Pendidikan karakter, Pemberdayaan, Film

Abstract

Perkembangan teknologi zaman sekarang semakin canggih, masyarakat sudah menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan mudah. Pada zaman sekarang media massa berupa film menjadi salah satu minat masyarakat. Dalam film kita dapat belajar, mendapatkan pesan, dan lain-lain. Melalui adanya  film freedom writers menjadikan masyarakat untuk memiliki pendidikan karakter yang baik. Tujuan penelitian ini ingin menganalasis film freedom writers sebagai pemberdaya melalui film di aplikasi netflix . Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif berupa studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan karakter dapat dicapai melalui pendidikan yang tidak monoton dan membosankan bagi masyarakat. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui bahwa film  ini menekankan pada nilai nilai pemberdayaan dan nilai nilai moral yang sangat positif. Penayangan film Freedom writers ini sebagai salah satu pemberdaya melalui film karena freedom writers ini memberikan inspirasi edukasi yang menyajikan nilai-nilai positif. Hal itu seperti adanya kesetaraan, empati, keberanian,dan ketahanan dalam menghadapi tantangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel Jurnal:
Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. 7, 1715–1718.
Informasi, T. J., Iptek, P., Patria, S. B., Nugroho, A., & Surakarta, U. M. (2016). A CREATIVE TEACHER FOR PROBLEMATIC STUDENTS : AN INDIVIDUAL PSYCHOLOGICAL STUDY ON FREEDOM WRITERS Abstrak. 12(2), 127–135.
Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548
Ratu Vanessa, A. D., & Candraningrum, D. (2023). Teaching Multiculturalism To Fight Against Racism In The Freedom Writer By Richard Lagravenese. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2071–2078. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5509
Situmenag, I. V. O. (2022). Terpaan Media Streaming Netflix Dan Kualitas Aplikasi Netflix Terhadap Keputusan Penggunaan (Survei Pada Gen Z Di Perumahan Citra Gran, Cibubur). Journal Ikraith Humaniora, 6(1), 160–174.
Surakarta, U. M. (2022). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM FILM LASKAR PELANGI DAN FREEDOM WRITERS Danur Jatmiko. 12(1).
Wahidin Unang. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(No. 02).
Wahyuni, H. (2012). EFEK MEDIA MASSA (pp. 89–105). Jurnal Al-Tajdid.
Yulianti, F. (2023). EDUCATIONAL VALUES FROM THE “ FREEDOM WRITERS ” DIRECTED BY. 11(1), 48–66.

Buku:
Nurudin. (2007 ). Pengantar Komunikasi Massa. PT Raja Grafind,Jakarta
Saverin J Werner, James W.Tankard, (2005),Teori Komunikasi: Sejarah,Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Jakarta.
Rivers L William, Jay W. Jensen Theodore Peterson, ( 2003), Prenamedia Group, Jakarta.
Published
2024-06-24
How to Cite
Ulzana, N., Najla Jihan Kamila, Anandea Putri Suci Setyaningrum, & Pia Khoirotun Nisa. (2024). Penayangan Film Freedom Writers Sebagai Pemberdaya Pendidikan Karakter Melalui Film di Aplikasi Netflix. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 101-114. https://doi.org/10.53429/j-kis.v5i1.937