Personal Branding Mahasiswi Perokok Berhijab

Studi Kasus di Kampus X Madura

  • Munisa Febrianti Universitas Trunojoyo Madura
  • Qoniah Nur Wijayani Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Personal Branding, Mahasiswi Berhijab, Bahaya Rokok

Abstract

Era globalisasi telah mempengaruhi perubahan  kebiasaan dan perilaku masyarakat dalam segala bidang kehidupan. yang terjadi salah satunya perubahan gaya hidup masyarakat yang telah dipengaruhi oleh masyarakat dinamis. Salah satu perilaku gaya hidup masyarakat adalah merokok. Saat ini, merokok bukan lagi sebuah masalah dianggap tabu dalam kehidupan masyarakat yang beradapa di kampus. Masyarakat di kampus, khususnya mahasiswi berhijab untuk mencoba hal-hal baru dalam hidupnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetetahui personal branding mahasiswi berhijab yang merokok. Bagaimana sudut pandang mahasiswa yang merokok dengan personal branding nya, serta apa yang mempengaruhi mahasiswi berhijab yang merokok tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk dapat mengetahui personal branding mahasiswi berhijab perokok. Dalam penelitian ini, menggunakan objek penelitian seorang mahasiswi berhijab yang memilih personal branding perokok dan Subjek dalam penelitian ini seorang mahasiswi berhijab yang merokok. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata mahasiswi yang berhijab merokok itu dipengaruhi dari teman-teman, lingkup keliuarga dan lingkungan sekitar. Karena bagi mereka merokok memiliki makna tersendiri yang dapat membuat ketenangan bagi mereka dalam keaadan sulit atau bankan banyak masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini Zahra Kuniati. (2020). Komunikasi Interpersonal Mahasiswi Perokok Di Purwokerto (Pendekatan Interaksi Simbolik George Herbert Mead). Skripsi, 10–15.

Kaddi, S. M., & Muhaemin, E. (2020). Motif Dan Makna Berjilbab Mahasiswi Komunikasi Universitas Tadulako Palu. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 67–84. Https://Doi.Org/10.15575/Cjik.V4i1.8652

Martiany, D. (2009). Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Kendali Jumlah Perokok Untuk Melindungi Kesehatan Perempuan. Www.Pengkajian.Dpr.Go.Id

Maulana, F., & Akbar, R. (2020). Mahasiswi Perokok: Studi Fenomenologi Tentang Perempuan Perokok Di Kampus The Smoking Students: Phenomenology Study Of Female Smokers In The Campus. Ilmiah, 15(1), 33–40.

Muhammad Adam Hussein S.Pd. (2013). Mengenal Personal Branding. Ilmiah, 5–10. Http://Tommymt.Wordpress.Com/2013/08/30

Rahayu, O. M. (2021). Personal Branding Mahasiswi Perokok (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung). Skripsi, 12–15.

Riyandi, G., Candrawati, E., Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, M., Program Studi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang, D., & Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, D. (2017). Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Perilaku Merokok Pada Wanita Di Kota Malang. In Nursing News (Vol. 2, Issue 2).

Ronald Susanto. (2009). Personal Branding. Brand Equity, 21–23.

Siti Rozabiatun Khasanah. (2019). Perubahan Perilaku Sebelum Dan Sesudah Pemberian Intervensi Bantuan Berhenti Merokok Berbasis Teori Hbm Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ilmiah.

Suharyat, Y., Pd, M., & Abstrak, ). (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Ilmiah, 1(3), 1–2.

Widiger, T. A., & Costa, P. T. (2013). Personality And Personality Disorders. Personality And Personality Disorders, 118–131.
Published
2023-12-26
How to Cite
Munisa Febrianti, & Qoniah Nur Wijayani. (2023). Personal Branding Mahasiswi Perokok Berhijab. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), 147-158. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i2.810