Analisis Pesan Budaya Dalam Film Bumi Manusia
Abstract
Artikel ini membahas tentang analisis pesan pesan budaya yang terdapat dalam film Bumi Manusia. Film ini banyak memperlihatkan bagaimana budaya memiliki pesan yang dapat disampaikan baik secara tersirat dan tersurat. Artikel ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana makna triangle meaning yang terdapat dalam film Bumi Manusia serta bagaimana pesan budaya yang terdapat dalam film tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan teori semiotika triangle meaning (Sign, Object dan Interpretant) yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan dan menonton setiap adegan dalam film Bumi Manusia dengan teliti. Hasil penelitian mendapatkan bahwa terdapat beberapa adegan didalam film yang mengandung pesan budaya yang sangat relevan sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
Downloads
References
Deddy Mulyanan & Jalaludin Rakhmat. (2006). Komunikas Antar Budaya Panduan
Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya.
Fiske, Jhon, (2012), Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Guru-Guru SMA Jawa Timur, Tradisi Sungkeman dan Shopaholic, Jawa Timur: 2P Publisher
Indiwan Seto Wahyu Wibowo, (2013), Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian
dan Skripsi Komunikasi, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Indiwan seto Wahyu Wibowo, (2011), Semiotika Komunikasi, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Kamaludin, Mohammad, (2021), Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Dalam Bingkai Keislaman,
Malang: Universitas Muhammdiyah Malang.
Morissan, (2013), Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi
dan Ilmu Sosial Lainnya Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Simamarta, Glory. (2022). Ingin Cepat Kerja, Yogyakarta:Penerbit Andi.
Sihabudin, Ahmad. (2011). Komunikasi Antarbudaya Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta:
Bumi Aksara.
Halik, Abdul. (2013). Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press.
Rachmat, Kriyantono. (2006). Tehnik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Ahmad Sugiri. (2021). Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia Abad VII Sampai Abad XV,
Serang: Penerbit A-Empa.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suryandari, Nikmah. (2019). Buku Ajar Komunikasi Lintas Budaya, (Surabaya: CV Putra
Media Nusantara.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Tumanggor, Rusmin dkk. (2010). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar, Jakarta: Pranada Media
Group
Tito Edy Priandono, 2016, Komunikasi Keberagaman, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vera, Nawiroh, 2015, Semiotika Dalam Riset Komunikasi, Bogor: Ghalia Indonesia.
Sumber dari Jurnal :
Agustianto A, Makna Simbol Dalam Kebudayaan Manusia, Jurnal Ilmu Budaya Vol.8, No. 1,
(2011).
Ira Rahayu &Tri Pujiatna, Analisis Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer
Dengan Kajian Feminisme, (Cirebon:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,
2019)
Meta Rachmadiana, Mencium Tangan, Membungkukkan Badan Etos Budaya Sunda,
Yogyakarta, Madura, Humanitas : Indonesian Psycological Journal Vol. 1 No. 2
Agustus 2022
Michael Jibrael Rorong, Representasi Nilai Kemanusiaan WEB Series Kisah Carlo, Jurnal
Semiotika Vol. 13, No. 1, 2019
Pradina Utami Tarigan, Edddy Setia, Januari 2020. Semiotika Meme Jawa Pada Akun
Instagram Dubbing Jawa Official, Jurnal Bahasa Vol. 9, No. 1
Pranowo dan Winci Firdaus , Penggunaan Bahasa Nonverbal Dalam Upacara Adat Pernikahan
Gaya Yogyakarta : Kajian Simbolik Etnopragmatik. Jurnal kajian bahasa, h. 43
Universitas Indonesia, Sastra dan Sejarah Seputar Era VOC, Jurnal ilmu pengetahuan budaya,
Vol. 10 No. 2, Oktober 2008.
Vera Sardila, Analisis Semiotika Pada Tunjuk Ajar Melayu sebagai Pendekatan Pemahaman
Makna Dalam Komunikasi, Jurnal RISALAH Vol. 27, No. 2, Desember 2016
Copyright (c) 2023 Ridho Awlia, Eni Murdiati, Muslimin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.