Optimalisasi Akun Youtube Sanggar Difabel Solo Sebagai Media Komunikasi Massa Untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif Indonesia
Abstract
Artikel ini berupaya membuktikan optimalisasi akun Youtube Sanggar Difabel Solo sebagai media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusi Indonesia. Kehadiran penyandang disabilitas belum sepenuhnya mendapatkan tempat setara di masyarakat. Sebagian orang masih mengucilkan kehadiran penyandang disabilitas. Bahkan, termasuk keluarga terdekat. Akun Youtube Sanggar Difabel Solo menjadi media komunikasi massa Sanggar Difabel Solo yang menjadi tempat pemberdayaan untuk anak difabel, di mana anak-anak difabel dilatih untuk dapat hidup mandiri sejak dini dengan pendekatan budaya dan olahraga. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi akun Youtube yang bisa digunakan sebagai media komunikasi bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan medote kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi akun Youtube Sanggar Difabel Solo. Kajian ini menghasilkan data bahwa Akun Youtube Sanggar Difabel Solo terus dioptimalkan sebagai media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusif Indonesia. Di dalam akun youtube itu berisi tentang kegiatan-kegiatan di Sanggar Difabel Solo, kafe, penampungan sekolah dan sebagainya. Hasil riset ini membuktikan bahwa optimalisasi akun youtube Sanggar Difabel Solo dapat menjadi media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusi Indonesia. Tulisan ini menyimpulkan bahwa perlu upaya terus menerus dan konsisten untuk mengoptimalkan akun Youtube Sanggar Difabel Solo. Akun ini menjadi media komunikasi massa untuk literasi sosial guna menunjukkan eksistensi penyandang disabilitas. Selain itu, ke depan perlu upaya terus menerus untuk mengkomunikasikan keberadaan akun youtube itu dan pengembangan media-media komunikasi untuk mendukung terwujudnya masyarakat inklusi Indonesia.
Downloads
References
Arif Maftuhin dkk. 2020. Islam dan Disabilitas dari teks ke konteks. Yogyakarta: Penerbit Gading
Buzzetto-more, N. (2015). Student Attitudes Towards The Integration Of Youtube In Online
Kamim, A. B. M., & Khandiq, M. R. (2019). Gojek dan Kerja Digital : Kerentanan dan Ilusi Kesejahteraan yang Dialami Oleh Mitra Pengemudi Dalam Kerja Berbasis Platform Digital. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 59.
Muhammad Luthfi Hidayat dkk.2019. Kerangka Konseptual Pengembangan Saluran Youtube Pemotivasi dari Penyandang Disabilitas. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (03). h. 217-229
Nadhiroh dan Atik Nurfatmawati. 2022. Analisis Isi Berita Difabel di Kompas.com pada Pemilihan Presiden 2019 untuk Mendukung Media Ramah Penyandang Disabilitas pada Pilpres 2024. Kalijaga Journal of Communication Vol.4 No.1.
Prof. Dr.Khomsahrial Romli, M.Si. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Kompas Gramedia.
Putra, A., & Patmaningrum, Diah Ayu. (2018). Pengaruh Youtube di smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159.
Rosenthal, S., & Rosenthal, S. (2017). Motivations to seek science videos on Youtube : free-choice learning in a connected society learning in a connected society. International Journal of Science Education, Part B, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/21548455.2017.1371357
Snelson, C. (2015). Integrating Visual and Media Literacy in Youtube Video Projects. Essentials of Teaching and Integrating Visual and Media Literacy. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05837-5
Syaifuddin Zuhri dkk. 2020. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Penerbit Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.
Tresia Monica Tinambuan. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 5 No 1. Mei.
Yu, H., Goggin, G., Fisher, K., & Li, B. (2019). Introduction: disability participation in the digital economy. Information Communication and Society, 22(4), 467–473. https://doi.org/10.1080/1369118X.2018.1550525
Sanggar Difabel Solo, Piknik ke Jogja dengan KRL, https://www.youtube.com/watch?v=NH8_Q1SJFOI.
Sanggar Difabel Solo, Baksos Sanggar Difabel Soloraya & Karanganyar Ke Panti Asuhan Karuna Putra Gentan, Sukoharjo, https://www.youtube.com/watch?v=FHHAB84axZw.
Sanggar Difabel Solo, Modelling School Sanggar Difabel Soloraya, https://www.youtube.com/watch?v=mnxxvuNBihM
Sanggar Difabel Solo, Kursi Roda ramah Lingkungan yang dibuat oleh Eko Budi Prasetyo, https://www.youtube.com/watch?v=pWbH6ZpYrfY
Sanggar Difabel Solo, Modelling School Sanggar Difabel Tampil di ASIAN Art Festival, https://www.youtube.com/watch?v=v-cQaJbOvNU
Sanggar Difabel Solo, K.POP Sanggar Difabel Karanganyar, https://www.youtube.com/watch?v=otuUpzWB-Cc
Sanggar Difabel Solo, Syukuran Pembubaran Panitia Hari Disabilitas Internasional di Difabel Cafe, https://www.youtube.com/watch?v=169meEeZsYU
Copyright (c) 2023 Tutut Nur Trias Wijayanti, Nadhiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.