Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Cabang Palembang Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Pelajaran
Abstract
Strategi Pemasaran 4P seperti Kristal murni yang menjadi inti dari pengembangan model pemasaran dan merupakan fondasi pemasaran bentuk apapun, dan menjadi faktor penting dalam pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha yang meliputi jumlah konsumen dan pendapatan dalam PT. Ghalia Yudistira Cabang Palembang. Penulis menganalisis data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada dalam PT.Ghalia Yudistira Cabang Palembang dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu strategi bauran pemasaran. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa PT.Ghalia Yudistira Cabang Palembang membaurkan elemen-elemen dalam pemasaran yang ditekankan pada 4P sebagai strategi dalam menghadapi persaingan. Product (Produk) di PT. Ghalia Yudistira Cabang Palembang berupa buku plajaran dari tingkat SD hingga SMA. Price (harga) yang ditawarkan terjangkau bagi konsumen. Place (tempat) memiliki lokasi yang sangat strataegis yaitu ditengah kota. Promotion (promosi) yang dilakukan cukup tepat dengan brosur, promosi langsung dan melalui media sosial. Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen.
Downloads
References
Agus Arijanto, Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Perdasa,2011
Agus Sucipto, Studi Kelayakan Bisnis, Malang: UIN Maliki Press, 2011
Agustina Shinta, Manajemen Pemasaran, Malang: Universitas Brawijaya Press, 2011
Albi Anggito Dan Johan Setiawan, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: Cv Jejak, 2018
Best Roger J, Market-Based Management: Strategies For Growing Costumer Value and Profitability
Sixth Edition, Boston: Pearson, 2013
Deddy Mulyana, Metodelogy Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
Dedy Susanto, Pesantren Dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Islam, Jurnal An Nida, Vol. 6
No.2, 2014
Dian Masita dan Anis Wahdi, Bisnis dan Perencanaan Bisnis Baru, Yogyakarta: CV. Budi Utama,
2020
Dian Puji Astuti, Skripsi, Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika
Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung
Lampung Timur), Institut Agama Islam Metro, 2018
Donni Juni Priansa, Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta,
2017
Etta Mamang, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2013
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketujuh, Yogyakarta : Andi, 2012
Hafied Cangara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014
Herdiana Abdurrahman, Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: Pustaka Setia, 2015
Ira Indriani, Jurnal, Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Sinar
Kalimantan Berau Tanjung Redeb, 2018
Irwan dan Indraddin, Strategi Dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: Deepublish, 2016
Kasmir, Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Prenada Media Group, Edisi Revisi 2012
Keith Butterick, Pengantar Publik Relations: Teori Dan Praktik. Penerjemah Nurul Hasfi, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2012
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2, Jakarta: PT.
Indeks, 2016
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt. Remaja Rosdakrya, 2012
Lili Adi Wibowo dan Donni Juni Priansa, Manajemen Komunikasi dan Pemasaran, Bandung:
Alfabeta, 2017
15
Moh Rusdi, Jurnal, Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Perusahaan Gentin,
Vol.6, 2019
Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: Pustaka Setia, 2015
Nanang Rudi Hartono dan Sunarsasi, Jurnal, Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di
Kabupaten Blitar, 2020
Nandan Limakrisna dan Wilhelmus Hari Susilo, manajemen pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam
Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012
Ninit Alfianika, Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia, Yogyakarta:Deepublish, 2018
Nurfaeni Ulyati, Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam
dalam WALISONGO, Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Negeri Islam
Walisongo, 2015
Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis, Jakarta: PT Rhineka Cipta, Edisi Revisi Cet. 4, 2010
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Marketing Management, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia,
2012
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13, Jilid 2 Terjemahan oleh BOB
Sabran MM, Penerbit Erlangga, 2012
Ratu Ile Token, Manajemen Penelitian Guru, Jakarta: PT. Grasindo, 2016
Rosady Ruslan, Metode Penelitian kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
Rusman Latief, Word of Mouth Communication: Penjualan Produk, Yogyakarta: Kencana, 2020
S. D. Pratiwi dan L. Suriani, Jurnal, Strategi Pemasaran Produk Rangka Atap Baja Ringan pada PT.
Hari Rezeki Kita Semua di Pekanbaru, Vol.3, 2017
Schiffman L.G dan Kanuk L.L, Consumer Behaviour, New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010
Suliyanto, Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Andi Offset, 2010
Susi Fitria Dewi, Sosiologi Politik, Yogyakarta: Gre Publising, 2017
Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, manajemen pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
2013
Wahididin Saputra Dan Ruli Nasrullah, Public Relations 2.0 Teori Dan Praktik Public Relations Di
Era Cyber, Jakarta: Gramedia Publising, 2010
https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/ diakses pada 29 Oktober 2022
Copyright (c) 2023 Adam Abdurrahman, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.