Youtube Sebagai Strategi Dakwah Milenial
Studi Kasus pada Channel Youtube Jeda Nulis Oleh Habib Husein Ja’far
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat berdampak pada munculnya beragam inovasi media teknologi komunikasi dan informasi yang mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan tak terkecuali bidang dakwah. Saat ini dakwah dengan media digital sedang menjadi tren di kalangan pendakwah yang banyak disukai oleh kaum milenial. Media digital yang digunakan diantaranya adalah media sosial seperti Youtube. Salah satu pendakwah yang giat berdakwah dengan media youtube adalah Habib Husein Jafar Al-Hadar melalui channel Youtube Jeda Nulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah melalui Youtube bagi kaum milenial pada channel Youtube Jeda Nulis milik Habib Husein Jafar. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi channel Youtube Jeda Nulis. Hasil penelitian menyimpulkan: Youtube merupakan hasil dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat serta banyak diminati kaum milenial. Habib Jafar juga salah satu pendakwah yang memanfaatkan Youtube sebagai media dakwahnya. Strategi yang dilakukan Habib Jafar dalam berdakwah menggunakan Youtube diantaranya dengan membuat konten yang sesuai dengan generasi milenial, menggunakan slang bahasa gaul, kualitas video yang menarik dan berpenampilan layaknya anak muda. Selain itu Habib Jafar juga mengoptimalkan algoritma Youtube agar konten yang dibuat dapat direkomendasikan.
Downloads
References
Ahmad Maujuhan Syah. “Pengaruh Dakwah Media Sosial Youtube Terhadap Religiusitas Remaja Di MA.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam Vol. 1, No, no. 1 (2019): 20—37.
Arfiko, Yori. “PENGARUH PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE YUFID.TV TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU AGAMA ISLAM.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP 05, no. EdisiI I (2018): 2—3.
Arifin, Ferdi. “Mubalig Youtube Dan Komodifikasi Konten Dakwah.” Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 4, no. 1 (2019): 91—120. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1718.
Dakwah, Smart, and New Media. “Communication Journal Of Da Wah and” 2, no. 1 (2022): 32—46.
Efferi, Adri. “Profesionalisasi DaI Di Era Globalisasi.” AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 2 (2013): 91—120.
Estuningtyas, Retna Dwi. “Strategi Komunikasi Dan Dakwah Pada Kalangan Milenial Di Era Modernisasi.” Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies 2, no. 01 (2021): 75—86. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.05.
Isina, Rakhmawati. “Kontribusi Retorika Dalam Dakwah (Relasi Atas Pendekatan Stelistika Bahasa).” At-Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 2 (2013): 47—71.
Mohammad Zaenul Arifin, and Denas Hasman Nugraha. “Efektivitas Algoritma Youtube Sebagai Kunci Keberhasilan Penyebaran Informasi Dan Dakwah Islam Melalui Media Online (Studi Terhadap Komunitas Youtuber Di Pati Jawa Tengah).” QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah 2, no. 2 (2022): 133—45. https://doi.org/10.54396/qlb.v2i2.299.
MUAFIAH, ANDI FIRDHA. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 8, no. 5 (2019): 55.
Nurrohman, Aziz Setya, and Anwar Mujahidin. “Strategi Dakwah Digital Dalam Meningkatkan.” JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat 01 (2022): 20—32.
Silva, Moniquelly B. “Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Akun Youtube Pemuda Hijrah.” Trabalho de Conclusão de Curso 1, no. 9 (2018): 1—10.
Ummah, Athik Hidayatul. “Dakwah Digital Dan Generasi Milenial.” Tasâmuh 18 (2020): 54—78.
Wibawa, Agung Tirta. “FENOMENA DAKWAH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE.” Jurnal Rasi 1, no. 1 (2019): 3.
Wibowo, Ari. “Kebebasan Berdakwah Di Youtube: Suatu Analisis Pola Partisipasi Media.” MawaIzh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 9, no. 2 (2019): 224—38. https://doi.org/10.32923/maw.v9i2.799.
Copyright (c) 2023 Hikmah Fitriyani, Nur Sholekhati, Nailatun Nafisah, Nur Hanifah, Vyki Mazaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.