Komunikasi Simbolik: Implikasi Penggunaan Chatbot Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Customer Service
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implikasi chatbot untuk meningkatkan efektivitas pelayanan customer service, bagi persuhaan customer sevice merupakan ujung tombak sebab berkomunikasi langsung dengan konsumen. Seringnya pertanyaan yang diajukan oleh konsumen sehingga pertanyaan tersebut bisa ditandai kedalam simbol. Komunikasi simbolik yang terdapat pada chatbot mampu meningkatkatkan efektivitas customer service. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan mengambil sumber data dari perusahaan yang telah menerapkan chatbot sebagai media komunikasi antara customer service dengan konsumen. Hasil yang diperoleh dari Implikasi penggunaan chatbot pada penelitian ini diantaranya adalah meningkatkan efisiensi, menyediakan dukungan pelanggan yang konsisten, meningkatkan kepuasan konsumen dan mengurangi biaya bagi perusahaan
Downloads
References
Arundati Swastika Waranggani. 2022. “Kata.Ai : Chatbot Berbasis AI Berikan Banyak Manfaat Bagi Pengembangan Bisnis.” Www.Cloudcomputing.Id. Retrieved January 31, 2023 (https://www.cloudcomputing.id/berita/chatbot-ai-beri-manfaat-pengembangan-bisnis).
Dedy Rahman Prehanto, S. K. M. K., S. T. M. K. I Kadek Dwi Nuryana, and S. M. Pustaka. 2020. BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Dinar Nur Safitri, and Muhammad Imron Rosadi. 2021. “Rancang Bangun Penyedia Layanan Informasi Pelayanan Masyarakat Kantor Kecamatan Pandaan Menggunakan Chatbot.” Journal of Computer Science and Visual Communication Design 6(2). doi: 10.55732/jikdiskomvis.v6i2.427.
Dixon, M., N. Toman, and R. DeLisi. 2013. The Effortless Experience: Conquering the New Battleground for Customer Loyalty. Penguin Publishing Group.
Dr. Ali Nurdin, S. A. M. S. 2020. Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media.
Dr. Edy Purwo Saputro, S. E. M. S., S. E. M. M. Dr. M. Nasir, S. E. M. S. Dr. Fatchan Achyani, S. E. M. E. D. Dr. Muhammad Arif, S. E. M. M. Dewi Probowati Setyaningrum, and A. Febriyanto. 2022. DIGITALISASI PERBANKAN: PROSPEK, TANTANGAN \& KINERJA. 1st ed. Muhammadiyah University Press.
Følstad, A., T. Araujo, S. Papadopoulos, E. L. C. Law, E. Luger, M. Goodwin, and P. B. Brandtzaeg. 2023. Chatbot Research and Design: 6th International Workshop, CONVERSATIONS 2022, Amsterdam, The Netherlands, November 22--23, 2022, Revised Selected Papers. Springer International Publishing.
Hadjam, M. Noor Rochman. 2016. “Efektivitas Pelayanan Prima Di Rumah Sakit.” Jurnal Psikologi 1(2):105–15.
Helianthusonfri, J. 2014. 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 Di Google. Elex Media Komputindo.
Hwang, Sewoong, and Jonghyuk Kim. 2021. “Toward a Chatbot for Financial Sustainability.” Sustainability 13(6):3173. doi: 10.3390/su13063173.
Kurniawan, D. E., B. F. Alamandha, N. F. Ramadhani, M. Raffi, R. Erviani, and M. S. Indonesia. 2021. Responsive Web Design: Praktik Membuat Aplikasi Produk Lokal. Media Sains Indonesia.
Lenna. 2022. “Chatbot: Semua Tentang Chatbot.” Https://Lenna.Ai/. Retrieved January 30, 2023 (https://lenna.ai/chatbot-semua-tentang-chatbot/).
Muliyono, M., and S. Sumijan. 2021. “Identifikasi Chatbot Dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing.” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. doi: 10.37034/infeb.v3i4.102.
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Octavia, Yenni, and Rinto Alexandro. 2020. “EFEKTIVITAS CUSTOMER SERVICE (CS) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PENABUNG PADA BANK MUAMALAT CABANG PALANGKA RAYA.” Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara 4(1):1–15. doi: 10.30737/mediasosian.v4i1.816.
Permatasari, Dwiyani. 2022. “Apa Itu Pelayanan Prima?” Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id. Retrieved January 31, 2023 (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sulseltrabar/baca-artikel/15009/Apa-itu-Pelayanan-Prima.html).
Press, U. G. M. 2021. KECERDASAN BUATAN BERBASIS PENGETAHUAN. Gadjah Mada University Press.
Sahir, S. H., M. Fadhli, A. Sudirman, A. Hasibuan, D. Chamidah, S. Salmiah, S. Sherly, E. Revida, J. Simarmata, S. Purba, and others. 2020. Keterampilan Manajerial Efektif. edited by T. Limbong. Yayasan Kita Menulis.
Saputro, Wahyu Adie, Kusrini Kusrini, and Emha Taufiq Luthfi. 2021. “Tinjauan Literatur Sistematis Chatbot Untuk Pelayanan Pelanggan.” Jurnal Informa : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 7(1). doi: 10.46808/informa.v7i1.194.
Sukoco, Andrean, Sampir. 2018. NEW Komunikasi Pemasaran: Teori Dan Aplikasinya. Jember: CV. Pustaka Abadi.
Copyright (c) 2023 Mubarok Ahmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.