Pertimbangan Konsumen Memilih Provider Telkomsel Daripada Indosat, XL

Penerapan Teori Uses And Gratifications Magister Unitomo

  • Fitria Ningsih Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Alfin Fatikh Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Keywords: Pertimbangan, Konsumen, Provider

Abstract

Untuk saat ini masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berada dalam kondisi peralihan berkembang dari masyarakat agraris yang penuh dengan spiritualistik menjadi masyarakat industri modern yang materialistis. Bahkan mereka memiliki tindakan pribadi yang berbeda untuk berkomunikasi atau bersosialisasi. Bersosialisasi dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial.

Sebagai contoh di media telekomunikasi, Telepon yang pada awalnya merupakan media statistik yang berubah menjadi lebih baik, lebih pintar, lebih mudah dengan handphone untuk akses internet.

Untuk koneksi ke internet, pada handphone tentunya kita membutuhkan provider yang memiliki koneksi data internet. Untuk pengalaman data internet Periset menggunakan 3 provider yaitu Telkomsel, Indosat dan XL. Telkomsel, Indosat dan XL merupakan beberapa operator perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Tapi yang membuatnya berbeda adalah harga, kualitas dan sinyal. Untuk pemeriksaan sinyal kita dapat melihatnya dari BTS  (Base Transceiver Station) dan untuk teori yang digunakan untuk analisis Penelitian ini yang telah dipilih oleh peneliti adalah Teori Uses and Gratifications.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dewi, Irra Chisyanti. 2015. Pengantar Psikologi Media. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Hall, Calvin S. 2000. Libido Kekuasaan Sigmund Freud. Yogyakarta: Tarawang Press.
Jaenudin, Ujam. 2012. Psikologi Kepribadiani. Bandung: CV Pustaka Setia.
Joseph, Thomas. 2011. Apps The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: PT Gramedia.
Kanuk, Leslie Lazar dan Leon Schiffman. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Indonesia: PT Macanan Cahaya Cemerlang.
Kasali, Rhenald. 2011. Cracking Zone Bagaimana Memetakan Perubahan Di Abad Ke 21 & Keluar Dari Perangkap Comfort Zone. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2003. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_____________. 2007. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narbuko, Drs. Cholid dan Drs. H. Abu Achmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurudin. 2010. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.
_______. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.
Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi.
Sambas, Syukriadi. 2015. Sosiologi Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sami’an, dkk. 2004. Insan Media Psikologi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Tommy. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Caps
Umar, M. Dan Abu Ahmadi. 1982. Psikologi Umum Edisi Revisi. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2021-07-04
How to Cite
Ningsih, F., & Fatikh, A. (2021). Pertimbangan Konsumen Memilih Provider Telkomsel Daripada Indosat, XL. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(1), 15-28. https://doi.org/10.53429/j-kis.v2i1.188