Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Lifie Whitening Body Lotion
Abstract
Di indonesia, trend produk skincare semakin marak di pasaran akibat mudahnya mendapatkan informasi melalui media sosial. Saat ini manusia tidak mampu lepas dari pengaruh teknologi informasi yang sudah menjadi kebutuhan primer dalam membantu aktivitasnya sehari-hari terutama dalam penyebaran informasi. Mudahnya penyebaran informasi dimanfaatkan oleh Lifie Whitening Body Lotion untuk memasarkan produknya menggunakan media sosial Instagram, oleh karena itu penelitian ini berjudul Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Lifie Whitening Body Lotion dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh Lifie Whitening Body Lotion dalam memasarkan produknya dan mengapa memilih media sosial Instagram sebagai Media promosi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Interactive model dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Lifie Whitening menggunakan strategi Bauran Promosi dalam memasarkan produknya di Instagram seperti menggunakan endorsement, diskon, free gift, dan juga komunikasi yang baik dengan pelanggan.
Downloads
References
Anyadighibe, Joseph A, Aniebiet Etuk, Edim Eka, and Rose Stephen. “Effect of Promotional Mix on the Marketing of Insurance Services.” Journal of Business and Management Studies (JBMS) 3, no. 2 (2021): 125–134. www.al-kindipublisher.com/index.php/jbms.
Aryani, Indita Dewi, and Dita Murtiariyati. “Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia 2, no. 2 (2022): 466–477.
Aryanti, D., M. Herawanti, N. F. Firjatullah, I. S. Juhaida, A. Latifah, and K. S. Kurniawan. “Analisis Pengaruh Waktu Upload Konten Terhadap Engagement Akun Media Sosial.” The Journal Gastronomy Tourism 6, no. 1 (2022).
Ayu, Adinda, Puspita Sari, Muhammad Alhada, and Fuadilah Habib. “Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop Di Kabupaten Tulungagung ).” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 17 (2023): 41–58.
Beddu, M, T Teri, Apriyadi, “Efek Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Haji Kalla Cabang Parepare.” YUME: Journal of Management 7, no. 1 (2024): 1181–1187.
Fadilah, Nur. “Pengertian, Konsep, Dan Strategi Pemasaran Syari ’ Ah.” Jurnal Salimiya 1, no. 2 (2020).
Farahdiba, Dea. “Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 8, no. 1 (2020): 22.
Fawzi, Marisa grace haque, Ahmad Syarif Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, and Denok Sunarsi. Strategi Pemasaran. Pascal Book. Vol. 5, 2022.
Fuadah, Tsamrotul, Rully Khairul Anwar, and Encang Saefudin. “Penerapan Bauran Promosi Terhadap Promosi Perpustakaan Kementerian Kelautan Dan Periklanan Melalui Media Instagram” 2, no. 5 (2023): 24–32.
Genira, Chika Felsia, and Siti Aisjah. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pegguna Tokopedia.” Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen 2, no. 4 (2023): 964–973.
Haque-fawzi, Marissa Grace, ahmad syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, Denok Sumarsi, and I. Strategi Pemasaran. Pascal Books, 2022.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Cet Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group, 2020.
Kusuma, Indra. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Trichoderma Spp. Trichoplus PT. Bisi Internasional Tbk.” Jurnal Intelek Insan Cendikia 1, no. 6 (2024): 3047–7824.
Layo, Nurhidayah, Amilia Zianita, and Wahyudin Rahman. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Luwuk).” Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR 1, no. 1 (2021): 91–99.
Lirra Derakistani, “Penggunaan Instagram Oleh Akun Kecantikan @Superbeautyme Sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Penjualan”, (Universitas Semarang, 2022).
Muttamimah, Laili, and Irwansyah Irwansyah. “Pemanfaatan Influencer Berbasis Virtual Dalam Komunikasi Pemasaran.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 22, no. 1 (2023): 31–42.
Nindya Amelia, Nindya Amelia. “Implementasi Bauran Promosi Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Memopro Wedding Organizer Dalam Meningkatkan Konsumen Memopro.” NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa 4, no. 1 (2023): 223–239.
Nurfitri, Ranti, Tiris Sudartono, Politeknik Piksi Ganesha, and Jawa Barat. “Dampak Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen di Media Sosial Tiktok @Anaira.Official.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4, no. 3 (2023): 2417–2425.
Pahleviannur, Muhammad Rizal, Dani Nur Saputra, Debby Sinthania, Vindriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto, Amruddin, and Mutia Lisya. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kollegial Supervision. Cet Ke-1. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2023.
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3, no. 1 (2019): 71–80.
Putri, Gabriella Sagita, and Adhi Murti Citra Amalia. “Model Komunikasi Pemasaran Terpadu Sport Tourism Di Kabupaten Malang.” Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 1 (2020): 1.
Seran, Renyarosari Bano, Elia Sundari, and Muinah Fadhila. “Strategi Pemasaran Yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas Dalam Menarik Perhatian Konsumen.” Jurnal Mirai Management 8, no. 1 (2023): 206–211.
Sofy, Miya Mailla, Dexi Triadinda, and Dini Yani. “Penerapan Bauran Promosi Pada Radio Lazuar 94.1 FM.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 24, no. 1 (2023): 66–74.
Syaipudin, Latif, and Idah Nurfajriya Awwalin. “Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan.” Sanskara Manajemen Dan Bisnis 1, no. 01 (2022): 31–42.
Tito, Anita Chrishanti Puteri, and Claudy Gabriella. “Faktor-Faktor Iklan Yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads Di Youtube Sampai Selesai.” Jurnal Akuntansi Maranatha 11, no. 1 (2019): 98–114.
Uluwiyah, Anisatun Nurul. Strategi Bauran Promosi. Cet ke-1. Yogyakarta: Multi Pusaka Utama, 2022.
Vintan Berliana Vandora, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Online di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat”, (Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Yogyakarta, 2023).
Widianti, Nur, Aini Kusniawati, and Mujaddid Faruk. “Pengaruh Ekspektasi Pelanggan Dan Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Telkomsel Di Desa Sukahurip - Ciamis).” Business Management and Entrepreneurship 2, no. 2 (2020): 1–11.
Yohana Asmaradewi, “Peran Instagram sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung pada Cafe Mas Bro”, (Universitas Semarang, 2019).
Copyright (c) 2024 Nindia Juliarsi, Achmad Syarifudin, Muhammad Randicha Hamandia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.