Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Penggemar K-Pop Dalam Fandom Carat Solo
Abstract
Maraknya budaya Korean Wave yang masuk di negara Indonesia khususnya industri musik K-Pop berhasil mendorong masyarakat untuk membuat sebuah komunitas penggemar yang berkaitan dengan idolanya. Solo menjadi wadah pada penggemar boygroup Seventeen yaitu Carat untuk berinteraksi antar anggota Komunitas fandom Carat Solo. Dengan adanya komunikasi yang terjadi di komunitas fandom Carat Solo dapat mempengaruhi responsivitas dan keaktifan pada anggotanya serta untuk mengetahui pola komunikasi kelompok yang terjadi didalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pola komunikasi kelompok pada penggemar K-Pop yang terjadi didalam fandom Carat Solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data akan diarahkan pada komunikasi kelompok yang terjadi didalam komunitas fandom Carat Solo. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi beberapa sumber sekunder yang relevan dengan anggota komunitas fandom Carat Solo sebagai subjek penelitian, serta pola komunikasi kelompok sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi yang terjalin antar anggota berupa vebal dan non verbal. Interaktivitas yang terjalin didalam komunitas fandom Carat Solo menunjukan pola komunikasi bintang. Meskipun admin base sebagai pemimpin, akan tetapi anggota komunitas fandom Carat Solo dapat bernteraksi secara langsung dengan semua anggota lainya dan memegang penuh keputusan yang terjadi. Komunikasi yang terjadi pada komunitas fandom Carat Solo cenderung pasif dikarenakan masih terdapat banyak anggota yang kurang aktif dan sedikit memberikan responsivitas didalamnya.
Downloads
References
Alifah, N. N. (2022). Indonesia Jadi Negara Denga Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. GoodStats. https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d
Amalia, R. (2022). Negosiasi Diri Penggemar Kpop Fandom Army, Blink Dan Exo-L Dalam Memanajemen Waktu (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di Darussalam Banda Aceh). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Ardia, V. (2014). Drama Korea Dan Budaya Popular. Lontar Ilmu Komunikasi.
Ginting, E. A., Perwirawati, E., Bangun, D., & Yudha Prasetya, M. (2023). Komunikasi kelompok dalam menjalin solidaritas antar anggota (Studi kasus pada komunitas relawan pengawal Ambulan Indonesia (RPAI). Jurnal Rectum, 5(1), 1522–1533.
Hasibuan, A. T., Rosdiana Sianipar, M., Ramdhani, A. D., Putri, F. W., & Ritonga, N. Z. (2022). Konsep dan Karakteristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(Penelitian Kualitatif), 8690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3730
Kumpuran.com. (2020). 5 Fakta Menarik Boyband Seventeen, Termasuk Asal Usul Namanya. Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/5-fakta-menarik-boyband-seventeen-termasuk-asal-usul-namanya-1tUKHHzEm6u/full
Kuyou. (2021). Arti Kata dan Makna Horanghae yang Viral Digunakan Hoshi Seventeen, Ini Penjelasanya. Kuyou. https://kuyou.id/homepage/read/28419/arti-kata-dan-makna-horanghae-yang-viral-digunakan-hoshi-seventeen-ini-penjelasannya
Linabary Jasmine. (2021). Small Group Communication. OpenStax Unnversitas Minnesota.
Mahardika, Maryani, E., & Rizal, E. (2022). Budaya Korean Wave Sebagai Komoditas Industri Media Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique , 5(1), 121–133. www.ejurnal.stikpmedan.ac.id
Mendrofa, A. J. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Eksistensi Komunitas Marga Parna Di Kota Batam. Universitas Putera Batam.
Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, D. I., Priska, A. M., & Mujib, A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 2(1), 46–54. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/425
Nasikhin, N. (2015). Pola Komunikasi Dalam Meningkatkan Budaya Gotong Royong Kelompok Tani Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 87–100.
Nurani, A. S., Zauhar, S., & Saleh, C. (2015). Responsivitas Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Dalam Perspektif New Public Service. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(04), 213–220. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2015.018.04.1
Nurinda, D. (2018). Pola Komunikasi Kelompok Fansite Exonesia Dalam Membangun Eksistensi Dalam Lingkup Penggemar K-Pop. Visi Komunikasi, 17. http://fiksi.kompasiana.com/drama/2012/06/16/
Parwati, D. (2023). Pola Komunikasi Komunitas Mahasiswa Ngapak (Kompak) UIN Raden Mas Said Surakarta Dalam Meningkatkan Keaktifan Anggotanya. UIN Raden Mas Said Surakarta.
Poethrycendrawan, K., & Utami, L. S. S. (2022). Pola Komunikasi Kelompok Penggemar NCT pada Media Sosial Twitter. Koneksi, 6(2), 374–379. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15720
Putri, I. P., Dhiba, F., Liany, P., Nuraeni, R., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia K-Drama and Korean Wave Diffusion in Indonesia. 3(1), 68–80.
Putri, V. K. M. (2024). 5 Unsur Komunikasi Menurut Harold Laswell. Kompas.Com.
Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Journal on Education, 5(1), 735–745. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653
Savitri, A., Wafa, M., & Sadiqin, S. (2020). Twitter Sebagai Media Komunikasi (Studi Content Analysis Penggemar K-POP pada Komunitas Once Kalimantan Selatan). Eprints.Uniska, 8.
Soleh, A. (2019). Pola Komunikasi Kelompok pada Komunitas Pecinta Film Islami. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 19(1), 17–34. https://doi.org/10.15575/anida.v19i1.5037
Sutriyanto, E. (2024). Indonesia Jadi Negara Dengan Jumlah Penggemar K-Pop Terbesar di Dunia. Tribunews. https://www.tribunnews.com/seleb/2024/03/07/indonesia-jadi-negara-dengan-jumlah-penggemar-k-pop-terbesar-di-dunia
wahyono. (2023). 10 Fandom Terkenal, Nomor 5 Fans Yang Sangat Populer di Indonesia. Sindonews.Com. https://lifestyle.sindonews.com/read/1124167/157/10-nama-fandom-k-pop-terkenal-nomor-5-fans-yang-sangat-populer-di-indonesia-1686542789/0
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Copyright (c) 2024 Nikmatul Mauludiah, Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi, Joni Rusdiana, Mei Candra Mahardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.