Studi Kasus Dakwah Ustadzah Nafisah Trainer Sebagai Bentuk Komunikasi Retorika di Media Tiktok
Abstract
Retorika merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Retorika merupakan keterampilan yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Salah satu tantangan dakwah di era sekarang adalah berdakwah di media sosial berbasis digital. Telah banyak lahir dai-dai yang menyampaikan dakwahnya dengan menggunakan media ini. Salah satunya ustadzah Nafisah Trainer di media Tiktok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) faktor Etos yaitu faktor kredibilitas da’i, b) faktor Pathos yaitu respon emosional para mad’u, dan c) faktor Logos yaitu cara pesan yang disampaikan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode studi etnografi virtual, dimana fenomena-fenomena dakwah digambarkan dan didalami dari aspek virtual.. Dari hasil penelitian tergambarkan bahwa program dakwah Nafisah Trainer di media sosial Tiktok menggambarkan sebuah fenomena virtual yang menarik seperti memberikan berbagai tanggapan yang dalam virtual gambar-gambar suka, virtual dicintai, virtual pemberian reward, menciptakan kesedihan dan secara keseluruhan para mad’u memberikan tanggapan dan komentar yang baik setelah mengikuti acara ini.
Downloads
References
Abdullah dkk. Dinamika Dakwah dan Implikasinya Terhadap Keberagamaan Masyarakat Muslim Sumatera Utara, Medan, Medan Merdeka Kreasi, 2021.
Basit, A. Filsafat Dakwah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Bate, S. P. “Whatever Happened to Organizational Anthropology? A Review of the Field of Organizational Ethnography and Anthropological Studies,” 1997, Human Relations, 50(9), pp. 1147–1175. doi: 10.1177/001872679705000905,.
Cindy Mutia Annur. ‘Survei Nielsen Indonesia: Mayoritas Pengguna Televisi Di RI Berusia 50 Tahun Ke Atas’, 2022. Databoks.Katadata.Co.Id.
Elfi Yanti Ritonga.‘Teori Agenda Setting Dalam Ilmu Komunikasi’, dalam JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 2018. 4.1 (32–41)
Fatoni. U., & Tifany. S.Z.. “Pesan Dakwah Visual tentang Muslimah di Media Sosial Line @dakwahmuslimah” (30 Juni 2024) dalam Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 1 No. 2 April-Juni 2016.
Fitria, Rini, dan Rafinita Aditia “Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0”. dalam DAWUH: Islamic Communication Journal, 2020.1-8
Hadziq, Abdullah. Rekonsiliasi Psikologi Sufistik dan Humanistik. Semarang: Rasail, 2005.
Hendrikus, P.Dori Wuwur. Retorika; Terampil berpidato, Berdiskusi, Berargumentsi, dan Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius, 1995.
Rousydiy, Latief . Dasar-Dasar Retorika Komunikasi dan Informasi, Jakarta: Rimbow edition, 1995.
M. Quraish Shihab. Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, Cetakan Pertama, 2007, h. 343
Maarif, Zainul. Retorika Metode Komunikasi Publik, Depok : Rajawali Pres (Rajagrafindo Persada), 2019.
Moch Fakhruroji. Dakwah di Era Media Baru, Bandung: Simbiosa Rekatama, 2019, Hal. 21
Mafri Amir, Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam, Jakarta, Logos, Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama. diakses, 1997. 30 Juni 2024 sumber dari <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/09/survei-nielsen-indonesia-mayoritas- pengguna-televisi-di-ri-berusia-50-tahun-ke-atas>.
Rahayu, et al. Public Speaking., Tangerang Selatan: Unpam Press, 2023.
Rakhmat ,Jalaluddin. Islam Aktual, Refleksi Seorang Cendekiawan Muslim, Bandung : Mizan. 1991. hlm. 77
Rakhmat, Jalaluddin. Rethorika Modern, Bandung : Remaja Rosda, 2001. hlm. 10
Syukur, Amin. Tasawuf Bagi Orang Awam (Menjawab Problematika Kehidupan). Yogyakarta: LPK-2, Suara Merdeka, 2006.
Copyright (c) 2024 Erlan Gantira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.