Studi Kasus Dakwah Ustadzah Nafisah Trainer Sebagai Bentuk Komunikasi Retorika di Media Tiktok

  • Erlan Gantira Pascasarjana UIN Bandung
Keywords: Dakwah, Retorika di TikTok, TikTok, Retorika di media sosial

Abstract

Retorika merupakan  hal  yang  tidak  bisa  dihindari. Retorika  merupakan keterampilan yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Salah satu tantangan dakwah di era sekarang adalah berdakwah di media sosial  berbasis digital. Telah banyak lahir dai-dai yang menyampaikan dakwahnya dengan menggunakan media ini. Salah satunya ustadzah Nafisah Trainer di media  Tiktok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) faktor Etos yaitu faktor kredibilitas  da’i, b) faktor Pathos yaitu respon emosional para mad’u,  dan c) faktor Logos  yaitu cara pesan yang disampaikan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode studi etnografi virtual, dimana fenomena-fenomena dakwah digambarkan dan didalami dari aspek virtual.. Dari hasil penelitian tergambarkan bahwa program dakwah  Nafisah Trainer di media sosial Tiktok menggambarkan sebuah fenomena virtual yang menarik seperti memberikan berbagai tanggapan yang dalam virtual gambar-gambar suka, virtual dicintai, virtual pemberian reward, menciptakan kesedihan dan secara keseluruhan para mad’u memberikan tanggapan dan komentar yang baik setelah mengikuti acara ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah dkk. Dinamika Dakwah dan Implikasinya Terhadap Keberagamaan Masyarakat Muslim Sumatera Utara, Medan, Medan Merdeka Kreasi, 2021.

Basit, A. Filsafat Dakwah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Bate, S. P. “Whatever Happened to Organizational Anthropology? A Review of the Field of Organizational Ethnography and Anthropological Studies,” 1997, Human Relations, 50(9), pp. 1147–1175. doi: 10.1177/001872679705000905,.

Cindy Mutia Annur. ‘Survei Nielsen Indonesia: Mayoritas Pengguna Televisi Di RI Berusia 50 Tahun Ke Atas’, 2022. Databoks.Katadata.Co.Id.

Elfi Yanti Ritonga.‘Teori Agenda Setting Dalam Ilmu Komunikasi’, dalam JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 2018. 4.1 (32–41)

Fatoni. U., & Tifany. S.Z.. “Pesan Dakwah Visual tentang Muslimah di Media Sosial Line @dakwahmuslimah” (30 Juni 2024) dalam Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 1 No. 2 April-Juni 2016.

Fitria, Rini, dan Rafinita Aditia “Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0”. dalam DAWUH: Islamic Communication Journal, 2020.1-8

Hadziq, Abdullah. Rekonsiliasi Psikologi Sufistik dan Humanistik. Semarang: Rasail, 2005.

Hendrikus, P.Dori Wuwur. Retorika; Terampil berpidato, Berdiskusi, Berargumentsi, dan Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Rousydiy, Latief . Dasar-Dasar Retorika Komunikasi dan Informasi, Jakarta: Rimbow edition, 1995.

M. Quraish Shihab. Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, Cetakan Pertama, 2007, h. 343

Maarif, Zainul. Retorika Metode Komunikasi Publik, Depok : Rajawali Pres (Rajagrafindo Persada), 2019.

Moch Fakhruroji. Dakwah di Era Media Baru, Bandung: Simbiosa Rekatama, 2019, Hal. 21

Mafri Amir, Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam, Jakarta, Logos, Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama. diakses, 1997. 30 Juni 2024 sumber dari <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/09/survei-nielsen-indonesia-mayoritas- pengguna-televisi-di-ri-berusia-50-tahun-ke-atas>.

Rahayu, et al. Public Speaking., Tangerang Selatan: Unpam Press, 2023.

Rakhmat ,Jalaluddin. Islam Aktual, Refleksi Seorang Cendekiawan Muslim, Bandung : Mizan. 1991. hlm. 77

Rakhmat, Jalaluddin. Rethorika Modern, Bandung : Remaja Rosda, 2001. hlm. 10

Syukur, Amin. Tasawuf Bagi Orang Awam (Menjawab Problematika Kehidupan). Yogyakarta: LPK-2, Suara Merdeka, 2006.

Published
2024-12-26
How to Cite
Erlan Gantira. (2024). Studi Kasus Dakwah Ustadzah Nafisah Trainer Sebagai Bentuk Komunikasi Retorika di Media Tiktok. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(2), 221-240. https://doi.org/10.53429/j-kis.v5i2.1043