MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA JNDONESIA PASCA PANDEMI COVID 19

  • suhartono
  • anik indramawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah menguraikan manajemen mutu pembelajaran bahasa Jndonesia pasca pandemi covid 19 di MA Al-Karim Gondang Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) perencanaan mutu pembelajaran bahasa Indonesia, guru mengikuti pembinaan dan pengarahan pada rapat madrasah di awal semester, menyiapkan silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan media, mengatur kelas, dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan, (2) pelaksanaan mutu pembelajaran bahasa Indonesia, di antaranya (a) masih menerapkan kurikulum 2013; (b) proses pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan akhir; (c) model-model pembelajaran yang dikembangkan, seperti model saintifik, Problem based learning, project based learning, discovery learning, pembelajaran berbasis kontekstual, pembelajaran kooperatif, ataupun pembelajaran langsung; (d) guru mengelola kelas; dan (e)  ditunjang dengan fasilitas pembelajaran bahasa Indonesia, (3) pengevaluasian mutu pembelajaran bahasa Indonesia, guru memberikan penugasan, proyek, portofolio, ulangan harian, evaluasi/ Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan penilaian pembelajaran menerapkan penilaian otentik, dan (4) pengawasan mutu pembelajaran telah dilakukan supervisi pembelajaran oleh pengawas dan kepala madrasah.

Published
2023-07-30