Manajemen sarana prasarana pada satuan pendidikan (Studi Kasus pada jenjang Sekolah Menengah pertama)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya , Dalam satuan pendidikan jenjang SMP, manajemen sarana prasarana perlu dikelola secara profesional dan terstruktur agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.[1] Ketersediaan sarana prasarana yang memadai akan membantu meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar serta memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Selain itu, manajemen sarana prasarana juga berpengaruh terhadap citra sekolah dan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: wawancara mendalam (in deep interview), observasi partisipatif (participant observation), dan dokumentasi (documentation) sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) Person (orang) yaitu (a) waka kurikulum, (b) waka kesiswaan, (c) guru, dan (d) siswa. 2) Paper (kertas/dokumen) yaitu berupa dokumentasi fotofoto kegiatan hubungan dengan pendidikan karakter. 3) Place (tempat). Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau (verification). Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, metode dan penyelidikan. Kemudian hasil penelitian ini meliputi: 1.Sebelum memulai proses pengadaan, penting untuk memiliki rencana yang jelas tentang apa yang dibutuhkan, berapa anggaran yang tersedia, dan kapan barang atau jasa tersebut dibutuhkan. Rencana ini akan mempermudah proses pengadaan dan meminimalkan risiko terjadinya kesalahan atau ketidaksempurnaan dalam spesifikasi barang atau jasa.2.Evaluasi dan Monitoring: Setelah sarana prasarana dibangun, perlu dilakukan evaluasi dan monitoring terhadap kinerja sarana prasarana. Hal ini untuk memastikan bahwa sarana prasarana tetap berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna, serta memastikan bahwa perbaikan dan perawatan yang diperlukan dilakukan secara tepat waktu.
Kata Kunci: Manajemen sarana prasarana ,satuan pendidikan
[1] Sudarsono, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.