Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Kurikulum Merdeka (Studi Kasus pada jenjang Sekolah Menengah pertama)

  • soim

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya , Kepala sekolah perlu mampu mengarahkan dan mengelola seluruh aspek pendidikan, termasuk implementasi Kurikulum Merdeka, agar dapat berjalan dengan baik dan efektif. Dalam hal ini, kepala sekolah harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, serta memahami dengan baik visi dan misi kurikulum Merdeka sehingga dapat memimpin dan mengelola implementasinya dengan tepat.. Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: wawancara mendalam (in deep interview), observasi partisipatif (participant observation), dan dokumentasi (documentation) sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) Person (orang) yaitu (a) waka kurikulum, (b) waka kesiswaan, (c) guru, dan (d) siswa. 2) Paper (kertas/dokumen) yaitu berupa dokumentasi fotofoto kegiatan hubungan dengan pendidikan karakter. 3) Place (tempat) yaitu di Internasional Darul Akhwan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau (verification). Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, metode dan penyelidikan. Kemudian hasil penelitian ini meliputi: 1.Menyusun visi, misi, dan tujuan sekolah yang terukur, spesifik, dan relevan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dan masyarakat di sekitar sekolah. Mengkomunikasikan visi, misi, dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan dengan jelas dan terbuka kepada seluruh stakeholder dan memastikan pemahaman yang sama mengenai visi, misi, dan tujuan tersebut. Memastikan bahwa visi, misi, dan tujuan sekolah menjadi acuan dalam setiap kegiatan di sekolah dan diimplementasikan secara konsisten.2. Memastikan bahwa semua guru dan staff sekolah memahami dengan baik Kurikulum Merdeka dan siap untuk mengimplementasikannya di dalam kelas. Kepala sekolah dapat memberikan bimbingan atau mentoring kepada guru dan staff sekolah yang membutuhkan

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Published
2023-03-16