UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH

  • suhartono
  • anik indramawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Al-Karim Gondang Nganjuk. Adapun subyek penelitian adalah seluruh guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah yang terdiri dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, guru mata pelajaran Fikih, dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Al-Karim Gondang dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah adalah (1) membiasakan menulis karya ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas di setiap semester, (2) aktif mengikuti forum ilmiah, seperti workshop, seminar, dan pelatihan penulisan karya ilmiah, dan (3) aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hasil karya ilmiah dari laporan penelitian tindakan kelas yang dilakukan hendaknya dipublikasikan sebagai bentuk hasil pengembangan keprofesionalan dalam tugas sebagai guru. 

 

Kata kunci: guru; Pendidikan Agama Islam, menulis, karya ilmiah

Published
2025-06-25