KEADAAN PSIKOLOGIS DAN EMOSIONAL KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK SYARIAH DI JOMBANG – JAWA TIMUR
Abstract
Dalam lingkungan pasar yang terus berubah, memahami perilaku pembelian pelanggan sangat menentukan bagi perusahaan untuk beroperasi berhasil dan efisien. Memahami perilaku konsumen dianggap sebagai landasan untuk pemasaran yang sukses, manajemen produksi yang andal, dan keberhasilan kegiatan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan Keadaan Psikologis Dan Emosional Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan MenabungPada Bank Syariah Di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini adalah Nasabah Bank Syariah yang ada di Jombang-Jawa timur. Dengan teknikpengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 285 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologis berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Menabung. emosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Menabung.
References
B. Verplanken and D. Roy, “Consumer Habits and Sustainable Consumption,” in Handbook of research on sustainable consumption, pp. 243–253, Edward Elgar Publishing, 2015.
Cyert, R.M., Simon, H.A. dan Trow, D.B. (1956), "Pengamatan terhadap keputusan bisnis", The Journal of Business, Vol. 29 No. 4, hal. 237-248.
D. Chang, H. Y. Gui, R. Fan, Z. Z. Fan, and J. Tian, “Application of improved collaborative filtering in the recommendation of e-commerce commodities,” International Journal of Computers, Communications & Control, vol. 14, no. 4, pp. 489–502, 2019
E. Maslowska, E. C. Malthouse, and T. Collinger, “The customer engagement ecosystem,” Journal of Marketing Management, vol. 32, no. 5-6, pp. 469–501, 2016.
H. Chen, “Personalized recommendation system of e-commerce based on big data analysis,” Journal of Interdisciplinary Mathematics, vol. 21, no. 5, pp. 1243–1247, 2018.
I. F. Asiegbu, D. M. Powei, and C. H. Iruka, “Consumer attitude: some reflections on its concept, trilogy, relationship with consumer behavior, and marketing implications,” European Journal of Business and Management, vol. 4, no. 13, pp. 38–50, 2012.
L. Dumitrescu, G. Orzan, and M. Fuciu, “Understanding the online consumer behaviour and the usage of the internet as a business environment–a marketing research,” Revista Economică, vol. 67, no. 3, pp. 63–79, 2015
Levitt, T. (1965), Industrial Purchasing Behavior: A Study of Communications Effects, Division of Research, Graduate School of Business Administration, Harvard University.
P. A. Barcic, M. Kitek Kuzman, T. Vergot, and P. Grošelj, “Monitoring consumer purchasing behavior for wood furniture before and during the COVID-19 pandemic,” Forests, vol. 12, no. 7, p. 873, 2021.
S. Khojasteh-Khosro, A. Shalbafan, and H. Thoemen, “Consumer behavior assessment regarding lightweight furniture as an environmentally-friendly product,” Wood Material Science & Engineering, vol. 17, no. 3, pp. 192–201, 2022.
V. Sima, I. G. Gheorghe, J. Subić, and D. Nancu, “Influences of the industry 4.0 revolution on the human capital development and consumer behavior: a systematic review,” Sustainability, vol. 12, no. 10, p. 4035, 2020.
W. Young, K. Hwang, S. McDonald, and C. J. Oates,“Sustainable consumption: green consumer behaviour when purchasing products,” Sustainable Development, vol. 18, no. 1, pp. 20–31, 2010.
Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.