STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DISRUPSI MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Dapur Onah Donat dan Cake Di Desa Werungotok Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk)

  • Juni Iswanto
  • Moh. Syaiful Musthofa Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Binti Puji Rahayu Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Strategi, Pemasaran Digital, Penjualan, Disrupsi, Ekonomi Islam

Abstract

Akibat dari banyaknya persaingan bisnis dengan produk serupa dan akibat dari pandemi covid-19 pada Dapur Onah Donat dan Cake mengalami penurunan volume penjualan. Tujuan Penelitian ini: 1. Untuk Mengetahui  Strategi Pemasaran Digital Dapur Onah Donat Dan Cake Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Disrupsi Di Desa Werungotok Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, 2.Untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Digital Dapur Onah Donat Dan Cake Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Disrupsi Di Desa Werungotok, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data primer: hasil wawancara dengan pemilik Dapur Onah Donat dan Cake dan Karyawan. Data Sekunder: buku-buku dan jurnal. Metode Pengumpulan data: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis Data: penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1. Strategi Pemasaran Digital Dapur Onah Donat Dan Cake untuk meningkatkan penjualan di era disrupsi yaitu dengan memanfaatkan sosial media melalui facebook, whatsaap, instagram tiktok strateginya yaitu: membangun Kredibilitas atau kepercayaan di media sosial, Menarik Pelanggan Potensial, Membangun Relasi/pertemanan di Media Sosial, Membagi Konten yang Diakurasikan, Membuat Konten yang Valuable, Menggunakan Gambar yang Baik dan Menarik, Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik,Batasi Platform Media Sosial. 2. Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Disrupsi Sudah sesuai dengan Ekonomi Islam seperti bertindak jujur dalam melakukan promosi di media sosial dan tidak berbuat curang, selalu amanah, tidak memaksa konsumen untuk membeli produk atau sesuai dengan kesepakatan di media sosial, tidak menjelek-jelekkan pesaing serta ramah dalam melayani konsumen.

References

Abdullah, Thamrin, Tantri Franscis. Manajemen Pemasaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.
Alma, Buchari dkk. Manajemen Bisnis Syariah, Alpabeta, Bandung, 2014.
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif, CV Jejak, Sukabumi, 2018.
Arifin, Miftahol. Kurdi, Moh. Anwar, Syaiful. Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Amanda Cake Di Era Revolusi Industri 4.0, Journal Missy Management And Business Strategy, I, 2021.
Astuti, Miguna. Pengantar Manajemen Pemasaran, Deepublish, Yogyakarta, 2020.
Haryanti, Nik. Metode Penelitian ekonomi, Manggu Makmur Tanjung Lestari, Bandung, 2019.
Hayani, Nurahmi. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi, Suska Press, Pekan Baru, 2012.
Indonesia, Kementrian Agama Republik. Al-Qur’an dan terjemahannya. Kemenag, Jakarta, 2019.
Iswanto, Juni. Penerapan E-Commerse Dalam Penjualan Jamu Tradisional Al-Qomar, Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, I, Januari 2019.
Mahzura, T Alvi Syahril. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Penjualan Pada Burger Sei Putih Kota Medan, Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, I, 2020.
Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif: Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif, CV Budi Utama, Yogyakarta, 2020.
Musnaini, Dkk. Digital Marketing, CV. Pena Persada Redaksi, Purwokerto, 2020.
Nurul, Huda. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi, Kencana, Depok, 2017.
Rachmat. Manajemen Strategi, Cv Pustaka Setia, Bandung, 2014.
Rozallinda. Ekonomi Islam: teori dan aplikasinya pada aktivitas ekonomi, Pt Raja grafindo Persada, Depok, 2017.
Sabila, Nur. Pengantar Belajar Digital Marketing, NKUST, Semarang, 2019.
Samsu. Metode Penelitian: (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development), Pusaka, Jambi, 2017.
Saprijal, Makmur. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi S-Mart Swalayan Pasir Pangara), Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, I, Januari 2015.
Sefudin, Akhmad dan Darwin, Muhammad. Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era Industri 4.0 Menurut Hermawan Kertajaya Dan Rhenald Kasali, Jurnal Ilmiah Manajemen, II. 2020.
Sitorus, Onny Fitriana. Strategi Promosi Pemasaran, Uhamka, Jakarta, 2017.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2017.
Wati, Andy Prasetyo Dkk. Digital Marketing, Literindo Berkah Karya, Malang, 2020.
Published
2023-07-31
How to Cite
Iswanto, J., Musthofa, M. S., & Puji Rahayu, B. (2023). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DISRUPSI MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Dapur Onah Donat dan Cake Di Desa Werungotok Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(2), 168-177. https://doi.org/10.53429/jdes.v10i2.692