STRATEGI OPTIMALISASI KUALITAS PRODUK KOPI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN DALAM TEORI EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Giri Kopi Kelurahan Ploso Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk)

  • Juni Iswanto
  • Alfin Yuli Dianto Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Putri Nur Indah Sari Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Kualitas Produk, Kopi, Loyalitas Konsumen

Abstract

Banyaknya persaingan bisnis minuman seperti kopi yang mulai bermunculan membuat para pengusaha minuman olahan kopi yang menjadi budaya masyarakat sehari₋hari harus mampu memberikan inovasi dalam menjaga kualitas produk agar para pelanggannya tetap setia dan loyal dalam satu produk dan tempat yang sama. Tujuan dari Penelitian ini 1. Untuk menganalisis strategi meningkatkan kualitas produk kopi di Giri Kopi; 2. Untuk menganalisis strategi membangun loyalitas konsumen di Giri Kopi; dan 3. Untuk menganalisis tinjauan ekonomi syariah terhadap optimalisasi kualitas produk kopi dalam membangun loyalitas pelanggan di Giri Kopi Kelurahan Ploso, Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Metode Penelitian: Pendekatan penelitian kualitatif desktitif dan studi kasus dengan menggunakan dua variabel peneltian kualitas produk dan loyalitas pelanggan.Sumber data primer dari hasil wawancara owner, dua karyawan, dan 4 pelangan “Giri Kopi”.Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara terbuka.Analisis data menggunakan triangulasi peneliti dan teori. Hasil Penelitian menunjukkan :1.Strategi yang digunakan dalam optimalisasi kualitas produk kopi di sudah sesuai dengan 9 indikator penyusun kualitas produk dengan bahan baku biji kopi langsung dari petani, mesin produksi modern roaster grinder dalam menghasilkan produk₋produk kopi baik kemasan atau minuman dikedai “Giri Kopi” 2. Giri Kopi membangun loyalitas pelanggan dengan menjalin mitra reseller dari masyarakat, swalayan dan minimarket dengan bagi hasil 15% dan potongan harga grosir bagi pelanggan. 3. Tinjauan ekonomi syariah terhadap optimalisasi kualitas produk kopi dalam membangun loyalitas pelanggan di Giri Kopi dilakukan dengan menjaga kebersihan, kesucian dalam proses produksi dengan menggunakan mesin modern roaster kopi dan menjamin tingkat kejujuran dalam menjamin asal usulbahan baku 100% biji kopi berkualitas dengan timbangan kemasan sesuai dengan spesifikasinya. Sistem kerjasama dengan mitra yang menjualkan kembali produk Giri Kopi saling menguntungkan dan tidak ada unsur keterpaksaan

References

Al Sa‟ud, Fahd ibn “Abd al Aziz. Al - Quran dan Terjemahannya. Madinah: Mujamma‟ Al Malik Fahd Li Thiba‟at Al Mushaf Asy Syarif. 2010.
Ariani, Dorothea Wahyu. Manajemen Kualitas. Tangerang: Penerbit Universitas Terbuka Press, 2021.
Daga, Rosnaini. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global-RCI. 2017.
Dewantoro, Dipo H., Wisnalmawati, & Istanto, Yuni. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada Coffee Shop Fihi Pekanbaru. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021), ISSN Cetak : 2622-1276 ISSN Online : 2622-1284, 2020.
Firmansyah, M Anang. Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
Firmansyah, M Anang. Pemasaran Produk dan Merek (Planning&Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
Hardani et al., Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, ed. Husna Abadi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hidayati, Aprihatiningrum Wa Ode Sifatu,, Maddinsyah, Denok Sunarsi, dan Jasmani, Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik, Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN), 2021.
Ibrahim, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfa Beta, 2015.
Ibrahim, Tatang dan Rusdiana, A. Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: Yrama Widya, 2021.
Iswanto, Juni. Puji Winarko, and Zainatun Munawarah, “Analisis Hukum Islam Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Konveksi CV. Nuratina Collection Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Industri 4.0,” Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah 08, no. 01 (2021): 48–62, http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/index.
Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2017.
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan terjemahan. Jakarta: Kemenag, 2019.
Mahmudati, Rina dan Indrawati, Ragil Tri. Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Dusun Bogoran Kecamatan Sapuran. Jurnal PPKM, Vol. 6, No. 3, 172 – 175, ISSN (print): 2354-869X 2021.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 3 Eds. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. Marketing Management. England: Pearson Education Limited, 2016.
Pradoko, Susilo. Paradigma Metode Penelitian kualitatif. Yogyakarta: UNY Press, 2017.
Primadiana Yunita, Struktur Tata Kelola Global Value Chains Produk Kopi Dalam Perdagangan Kopi Global: Studi Komparatif Kopi Indonesia Dan Kopi Vietnam, Jurnal Indonesia Sosial Sains 2, no. 5 (2021),
Rosnaini Daga, Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global-RCI, 2017.
Simarmata, H. M.P., Revida, Erika dan Kato, Iskandar Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Sonatasia, D., Onsardi, dan Arini, Ety. Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong, JMIB: Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis Vol 1, No 1 (2020)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.
Suryanti, Lilik.Manajemen Pemasaran, Strategi dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan.Sleman : Deepublish,2015.
Syaickhu, A., & Guntur Hendratri, B. Analisis Peningkatan Kualitas Produksi Abon Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Pada Ud. Tunas Mulya. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9 (No.1), 2022. https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.331
Wanardi & Triyono. Manajemen Pemasaran. Sleman: CV. Budi Utama, 2019.
Yusuf, A Muri.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, ed. Suwito, Kencana, Cetakan Ke (Jakarta: Kencana, 2017.
Zaki, Khozin. Manajemen Syariah : Viral Marketing Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Studi Kasus Pada Perusahaan Start Up Sosial. Purwokerto: Penerbit Amerta Media, 2020.
Published
2023-01-30
How to Cite
Iswanto, J., Yuli Dianto, A., & Nur Indah Sari, P. (2023). STRATEGI OPTIMALISASI KUALITAS PRODUK KOPI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN DALAM TEORI EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Giri Kopi Kelurahan Ploso Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(1), 63-73. Retrieved from https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/article/view/531