STRATEGY FOR IMPROVING EMPLOYEE SERVICE ON CUSTOMER DEVELOPMENT AT KSPPS BMT DARUSSALAM TANAK BEAK VILLAGE, NARMADA SUBDISTRICT, WEST LOMBOK

  • Wildan Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu, Indonesia
Keywords: Strategi, Pelayanan, Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi peningkatan pelayanan karyawan terhadap perkembangan nasabah dan bagaimana upaya KSPPS BMT Darussalam dalam meningkatkan pelayanan karyawannya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan peneliti meliputi data primer dan data sekunder. Sedangkan sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan Strategi peningkatan pelayanan karyawan KSPPS BMT Darussalam dalam memberikan pelayanan ada dua kategori diantaranya strategi pelayanan yang mendasar meliputi karyawan yang bertugas harus bersikap ramah, komunikatif, name tag yang selalu diperlihatkan. Sedangkan strategi pelayanan utama meliputi kompetensi, percaya dan dipercaya, kontribusi, kejujuran, pelayanan prima, sosial dan peduli lingkungan dan yang terakhir innovasi. Adapun bentuk upaya yang dilakukan oleh karyawanKSPPS BMT Darussalam dalam meningkatkan pelayanan terhadap jumlah nasabah adalah pertama, mengadakan kegian RAT (Rapat Tahunan Anggota) yang dilakukan setahun sekali; kedua, dengan mengutus karyawan mengikuti pelatihan demi meningkatnya sumber daya karyawan.

References

Ali Hasan, Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pasar Bank Syariah, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010.
Andri Soemitra, Bank & Lembaga Keuangan Syari’ah, Jakarta: Kencana, 2014
George Steiner, Jhon Minner, Manajemen Strategi, penerjemah Agus Dharma, Jakarta: Erlangga, 1999.
Hadari Nawawi, Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Penddidikan, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 2012
Ikatan Banker Indonesia, Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Ikatan Bankir Indonesia, Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014
Kasmir, Etika Customer Service, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2005
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2000
M. Nur Rianto Al-Arif, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta, 2010
M. Syafi’i Antoni, Bank Syari’ah Dari Teori Ke Praktik, Jakarta: Gema Insani, 2001
Retno, dikutip dari tesis: Analisis Tingkat Layanan Pelanggan Pada Bank BRI dan Bank BPD Jateng Cabang Karanganyar, Surakarta: Program Pascasarjana Univ. MuhammadiyahSurakarta, 2005
Rosady Ruslan, SH. MM, Manajemen Humas dan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Grapindo Persada, 2002
Thomas Sumarsan, System Pengendalian Manajemen, Jakarta: Indeks, 2013
Wawancara pribadi dengan bapak darussolihin (bidang marketing) tanak beak 27 september 2018
Wawancara pribadi dengan bapak darussolihin (bidang marketing) tanak beak 27 september 2018
Wawancara pribadi dengan ibu Nurhayati (Teller) Tanak Beak 27 september 2018
Published
2025-07-29
How to Cite
Wildan. (2025). STRATEGY FOR IMPROVING EMPLOYEE SERVICE ON CUSTOMER DEVELOPMENT AT KSPPS BMT DARUSSALAM TANAK BEAK VILLAGE, NARMADA SUBDISTRICT, WEST LOMBOK. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 12(2), 694-701. https://doi.org/10.53429/jdes.v12i2.1624