IMPLEMENTASI AKAD QARDH PADA PEMBIAYAAN DANA WAQAF DALAM TEORI HUDUD PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR

  • Helya Aufin Mizatina Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Achmad Fageh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Qard, Wakaf, Teori Hudud

Abstract

Wakaf adalah salah satu bentuk dana sosial berupa pemberian yang penggunaannya dibatasi hanya untuk kepentingan umum, sementara asetnya harus tetap terjaga. Di Indonesia, wakaf kini tidak hanya berupa benda, tetapijuga dapat berbentuk uang. Pada pembiayaan Qardhul hasandi BMT Assyafi’iyah Gaya Baru, dikenakan biaya sebesar 1% dari jumlah pembiayaan. Selain itu biaya takaful ditentukan berdasarkan durasi pinjaman, yaitu 0,5% untuk jangka waktu 1-5 bulan dan 0,6% untuk jangka waktu 6-12 bulan. Akad Qardhul Hasan merupakan perjanjianpinjaman dana kepada nasabah, di mana nasabah diwajibkan mengembalikan pokok pinjaman dalam jangka waktu yang telah disepakati, baik secara langsung maupun secara angsuran. Penelitian ini menggunakan metode deskripif analisis, dengan data dikumpulkan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme produk LASISMA milik BMT NU sudah berjalan dengan baik. Produk ini efektif dalam membantu masyarakat menengah kebawah, sekaligus mendukung pengembangan UMKM dan usaha ultra mikro di sekitarnya melalui pengelolaan dana wakaf. Mekanisme ini telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI- No: 19/DSN-MUI-/IV/2001 tentang Al-Qardh, Khususnyapada poin pertama butir ketiga yang menyatakan bahwa biaya administrasi dibebankan kepada nasabah. Selain itu konsep ini juga sejalan dengan teori hudud Muhammad Syahrur, terutama pada golongan kedua, yaitu golongan mereka yang hanya mampu mengembalikan pokok pinjamannya saja.

References

Adji Pratama Putra. (2022). Teori Limit Muhammad Syahrur Dalam Studi Islam. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 833–839. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.1028
Ahamad Bin Hambal. (1993). Musnad Al-Imam Ahmad. Dar Ihya’ Alturats Al-Araby.
Al-Bustani, A. (1992). Abdullah Al-Bustani, Mu‘jam Lughawi Mutawwal (Jilid I). Maktabah Lubnah.
Athief, F. H. N., Rizki, D., & Pratwindya, A. (2022). Performa Bank Wakaf Mikro Selama 2017-2021: Sebuah Studi Literatur Sistematis (Systematic Literature Review). IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 9(2), 204–221. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v9i2.6727
Azwa Karim, A. (2007). Bank Islam Analisis dan Keuangan (cet III). PT. Raja Grafindo Prsada.
Fatwa DSN-MUI No. 19/DSN-MUI/IV/2001. (n.d.).
Hidayah, Z., Cantika, V. G., Al Baihaqi, M. Z., & Izzalqurny, T. R. (2022). Persepsi Mahasiswa Mengenai Akuntansi Syariah Dan Lembaga Keuangan Berbasis Syariah. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2(7), 28–33. http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2619
Kirana, Z. (2017). Kontribusi Pemikiran Muhammad Syahrur Tentang Teori Hudud Dalam Pembaruan Pemikiran Islam. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 5(2), 305. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/854
Muhammad Al-Jurjani, A. bin. (1988). Ali bin Muhammad Al-Jurjani. Dar al Kutub al Ilmiyah.
Mustafid, F. (2017). Pembaruan Pemikiran Hukum Islam. Al-Mazahib, 5(2), 305–320.
Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir Kontemporer. LKIS.
Nawawi bin Umar Al-Bantani Al-Jawi, M. (n.d.). Qût Al-Habîb Al-Gharîb, Tausyikh ‘alâ Fath Al-Qarîb Al-Mujîb. Toha Putra.
Nurzianti, R. (2021). REVOLUSI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM TEKNOLOGI DAN KOLABORASI FINTECH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1).
Sadari. (2021). Hukum pernikahan antarumat beragama di indonesia: studi pemikiran kontemporer dalam konsep islam dan iman muhammad syahrur. 2(2), 55–71.
Shodiq, J. (2022). Moderasi Beragama Dan Penerapan Akad Qardhul Hasan Pada Produk Al-Qardh. … Moderasi Beragama Dan Kebudayaan Islam, 02(1), 77–88. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/5043
Sobarna, N., & Rahmani, G. A. (2023). Mekanisme Penghimpunan Wakaf Uang Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wattamwil. Coopetition: Jurnal Ilmiah …, 14(2), 307–316. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/3358%0Ahttp://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/3358/2774
Subekti, R., & Tjitrosudibio, R. (2001). Kitab Undang-undang Hukum Perdata. PradyaParamita.
Syahrur, M. (1992). Al-Kitab Wa Al-Qur’an ; Qira’ah Mu’ashirah. ahali li anNashr wa ast-Tawzi.
Syarqawi Ismail, A. (2003). Rekonstruksi Konsep wahyu Muhammad Shahrūr. eLSAQ Press.
Yazid, M. (2023). Fikih Ekonomi Bank dan Lembaga Keuangan. Pagan Press.
Zamhari, A. (2012). Implementasi LKS dalam Pengembangan Wakaf Uang di Indonesia. BWI.
Published
2025-02-07
How to Cite
Aufin Mizatina, H., & Achmad Fageh. (2025). IMPLEMENTASI AKAD QARDH PADA PEMBIAYAAN DANA WAQAF DALAM TEORI HUDUD PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 12(1), 253-269. https://doi.org/10.53429/jdes.v12i1.1317