USAHA MIKRO DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Kelompok Penjahit Pakaian di Desa Sumberkepuh Kecamatan Tanjunganom)

  • M. Wiji Purnomo Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Adi Marsono Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Miftahul Hidayah Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Etika Bisnis, Usaha Mikro, Strategi, Konsep Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penjahit yang seringkali ingkar janji atau tidak tepat waktu dalam menyelesaikan jahitan pelanggan juga hasil jahitan yang tidak sesuai dengan keinginan atau pesanan pelanggan,sehingga menyebabkan turunnya kepercayaan pelanggan kepada penjahit serta rasa ketidak puasaan pelanggan terhadap hasil jahitan.Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu bagaimana praktik etika bisnis penjahit pakaian di Desa Sumberkepuh Tanjunganom dan bagaimana etika bisnis penjahit pakaian di Desa Sumberkepuh Tanjunganom ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian  ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu usaha jahit pakaian di Desa Sumberkepuh Kecamatan Tanjunganom, dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer yang berasal dari pemilik, karyawan dan pelanggan penjahit pakaian di Desa Sumberkepuh Kecamatan Tanjunganom, dan data sekunder yang berasal dari dokumentasi dan arsip perusahaan semua didapat dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Praktik bisnis pada kelompok usaha mikro penjahit pakaian di Desa Sumberkepuh sama seperti pada umumnya seperti menerapkan sikap ramah saatmelayani pelanggan, bersikap adil, jujur dan bertanggung jawab., 2. Tinjauan etika bisnis Islam terhadap penjahit pakaian Di Desa Sumberkepuh Tanjunganom telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu dari aspek tauhid, keadilan, keseimbangan, tanggungjawab, kehendak bebas dan niat baik.

References

Abdi, Usman Rianse. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi Teori Dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung, 2012.

Al-Arif, Mohammad Nur Riyanto. Dasar-Dasar Ekonomi Islam, PT Era Adicitra Intermedia, Solo, 2019.

Alma, Bukhari dan Priansa, Donni Juni. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilaidan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Alfabeta, Bandung, 2014.

Arijanto, Agus. Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Aryani, Resti. Skripsi “Potensi Usaha Penjahit Pakaian dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Penjahit Pakaian di Kecamatan Kuok)”, UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, 2013.
AS, Nachrawie.Menggapai rizki dengan berbisnis yang barokah. Delta Prima Press, Surabaya, 2011.

Assauri, Sofjan. Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages, Rajawali Pers, Jakarta, 2013.

Aziz, Abdul. Etika Bisnis Perspektif Islam, Alfabeta, Bandung, 2013.

Azwar, Saifudin. Metode Penelitiaf, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.

Badan Perencana Pembangunan Daerah Kota Palangka Raya dan Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya Dalam Angka (Palangka Raya City In Figures 2017, Gramedia Design, Palangka Raya, 2017.

Badroen, Faisal dkk, Etika Bisnis Dalam Islam, Kencana,Jakarta, 2016.

Birowo, Mathilda AMW. Mengembangkan Kompetensi Etis di Lingkungan Kita, Grasindo, Jakarta, 2016.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemah Mushaf Quantum Tauhid, MQS Publishing, Bandung, 2010.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Hadist Terjemahan, Indeks, Jakarta, 2013.

Djazuli,A. Kaidah-Kaidah Fikih: Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis, Kencana, Jakarta, 2012.

Echdar, Saban. Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha, Andi Persada, Yogyakarta, 2013.

Edwin Nasution, Mustafa dkk, Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Kencana, Jakarta, 2011.

Fadila, Afifah. Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Wikipedia, XII, 12 Mei 2022.

Gatut L. Budiono. Etika Bisnis Pendekatan teoritis dan Praktis, Poliyama Widya Pustaka, Jakarta, 2015.

Hartono, Tony. Mekanisme Ekonomi Dalam Konteks Ekonomi Indonesia, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2010.

Idri, Hadis Ekonomi (Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi), Kencana, Jakarta, 2015.

Idri, Hadist Ekonomi, Ekonomi Dalam Persepektif Islam Hadis Nabi, Prenadamedia Group, Jakarta, 2015.

Izzan, Ahmad dan Tanjung, Syahri. Referensi Ekonomi Islam: Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Berdimensi Ekonomi, Mandar Maju, Bandung, 2011.

Jirhanuddin dan Hamdanah, Etos Kerja Wanita, K-Media, Yogyakarta, 2017.

Junaidi, Acmad. Analisa Progam Siaran berita berjaringan di progam 1 RRI Samarinda dalam menyampaikan Berita Dari Kawasan Perbatasan, Iboks, Jakarta, 2015.

Jusmaliani.Bisnis Berbasis Syariah, Bumi Aksara, Jakarta, 2016.

Lexy J. Moleong., Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdarya Bandung, 2011.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohandi Rohidi, Universitas Indonesia, Jakarta, 2015.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya Bandung, 2010.

Muhammad, Etika Bisnis Islami, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta, 2014.

Mustaq, Ahmad.,Etika Bisnis dalam Islam, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2011.

Nasution, Mustafa Edwin dkk. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Kencana, Jakarta, 2010.
Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Cakra Books, Solo, 2014.

Pemerintah Desa Sumberkepuh, Sumberkepuh Kota Nganjuk Tahun 2019, Sumberkepuh Tanjunganom, 2019-2025.
Philip, Kotler dan Gary Armstrong. Principle Of Marketing, 15thedition Pearson Prentice Hall, New Jersey, 2014.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam, PT Grafindo Persada, Jakarta, 2011.

Rachmat, Manajemen Strategik, CV Pustaka Setia, Bandung, 2014.

Raharjo, M Dawam. Etika Bisnis Menghadapi Globalisasi, LP3ES, Jakarta, 2015.

Rangkuti, Frenddy. Analisis SWOT, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011.
Resti Aryani, “Potensi Usaha Penjahit Pakaian dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Penjahit Pakaian di Kecamatan Kuok)”, UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, 2013.

Rivai, Veithzal. Nuruddin, Amiur. dan Arfa, Faisar Ananda. Islamic Business and Economic Ethics, Bumi Aksara, Jakarta, 2012.

Sampurno, Manajemen Stratejik: Analisa strategi pemasran, Gadjah Mada University Press Yogyakarta, 2014.

Sedarmayanti, Restrukturisasi Dan Pemberdayaan Organisasi (Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan), PT Refika Aditama, Bandung, 2014.

Sunyoto, Danang. Perilaku Konsumen dan Pemasaran, Buku Seru, Jakarta, 2015.

Suwito. Teknik Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Program Studi, Young Progressive Muslim, Tangerang, 2020.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. Pemasaran Strategik, Andi Persada, Yogyakarta, 2012.

Wuisang, Jerry RH. dkk. Konsep Kewirausahaan Dan UMKM, Yayasan Makaria Waya Sulawesi Utara, 2019.

Yuliadi, Imamudin. Ekonomi Islam, LPPI, Yogyakarta, 2011.

Zulpawati, Konsep Etika Bisnis Islam, Kencana, Jakarta, 2016.
Published
2024-08-30
How to Cite
Purnomo, M. W., Marsono, A., & Hidayah, M. (2024). USAHA MIKRO DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Kelompok Penjahit Pakaian di Desa Sumberkepuh Kecamatan Tanjunganom). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 11(2), 125-141. https://doi.org/10.53429/jdes.v11i2.1099