STRATEGI MANAJEMEN TERHADAP BISNIS KULINER ANGKRINGAN AUTHENTIC DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Pada era modern ini, melihat semakin berkembangnya wirausaha dalam masyarakat atau dikenal dengan istilah berbisnis yang mencari keuntungan merupakan tujuan utamanya. Tapi praktik-praktik haram, kerap kali dilakukan seperti mengurangi timbangan, penjualandua kali lipat dari harga aslinya yang jatuhnya adalah riba dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu dari usaha Angkringan Authentic, dengan mengunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer yang berasal dari Angkringan Authentic dan data sekunder yang berasal dari dokumentasi dan arsip perusahaan semua didapat dengan mengunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penjualan yang diterapkan Angkringan Authentic selalu menjaga kualitas produk dengan baik serta menyesuaikan harga yang ada dalam lingkungan sekitar. Yang kedua Manajemen Keuangan pada Angkringan Authentic, modal berasal dari uang pribadi pemilik sendiri tanpa adanya pinjaman. Dan yang selanjutnya Bisnis kuliner Angkringan Authentic ditinjau dari perspektif Islam dalam akad pembayaran menggunakan sistem makan dahulu baru membayar hal ini diperbolehkan dalam syari’ah Islam.
References
Al-Albani, Muhammad Nashiruddin. Shahih Sunan Ibnu Majah, Pustaka Azzam, Jakarta, 2017.
Agung Satria, Rio. Pengantar Analisis Data (Online) I, I, 2022, https://wageindicator-data-academy.org (12 Juli 2022)
Ajar, Nona. Makalah Manajemen Keuangan (Online) I 11, 2017, https://www.academia.edu (19 Mei 2022)
Alma, Buchari. Pengantar Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2013.
Al Qur'an dan terjemahan, surah Al-Baqarah: 198 (Online), https://www.tafsirweb.com (19 Mei 2022)
……………………………………., surah An-Nisa’: 29 (Online), https://www.tafsirweb.com (21 Agustus 2022)
Anas, Irham Fahreza. Hakikat Laba dalam Bisnis Syari’ah (Online) 2011, http://Irham-anas.blogspot.com (19 Mei 2022)
Anita, Herdianti. Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan, Tidak diterbitkan, Universitas Haluoleo, Kendari, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Renika Cipta, Jakarta, 2015.
Astuti, Novi Fuji. Pengertian bisnis menurut para ahli (Online) I, 2020, https:m.merdeka.com (8 Juli 2022)
Asuransi Mag, Edukasi Keuangan (Online), 19, 2015, https://www.mag.co.id/manajemen-keuangan-syari’ah/ (8 Juni 2022)
Bertens. Etika Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2012.
Boediono. Teori Ekonomi Mikro, Bpfe, Yogyakarta, 2014.
Chairuman, Pasaribu dan Suhrawardi K. Lubis. Hukum Perjanjian Islam, Sinar Grafika, Jakarta, 2013.
D. Lestari. Manajemen keuangan (Online) I 1, 2019, http://eprints.unpam.ac.id (19 Mei 2022)
Hamdani, Lupiyoadi Rahmat. Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2, Penerbit Salemba, 2016.
Hasibuan. Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta, 2011.
Haryanti, Nik. Metode Penelitian Ekonomi, Manggu Makmur Tanjung Lestari, Bandung, 2019.
Hidayat, Muhammaad. an introduction to the sharia economic pengantar ekonomi syari’ah, Zikrul Hakim, Jakarta, 2010.
Jauch dan Glueeck. Manajemen Strategik, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2015.
Jusmailani. Bisnis berbasis Syari’ah, Bumi Aksara, Jakarta, 2018.
Kertajaya, Hermawan. Syari’ah Marketing, Mizan, Bandung, 2008.
Kusumadmo. Manajemen Strategik, Atma Pusaka, Yogyakarta, 2013.
Kotler, Philip. Manajemen pemasaran, Erlanga, Jakarta, 2008.
Masyhuri. System Perdagangan dalam Islam. Pusat Penelitian Ekonomi Lipi, Jakarta, 2015.
Moekijat. Kamus Manajemen. Mandar Maju, Bandung, 2013.
Muhammad. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2017.
Nahrowi. Sertifikasi halal sebagai penerapan etika bisnis islam. Tidak diterbitkan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.
Nitisemito. Manjemen sumber daya manusia, Duta Wacana, Yogyakarta,1984.
Safitri, Lisdiana. Bisnika.com (Online) I I, 2021, http://www.bisnika.hops.id (27 Juni 2022)
Said, Muh. Penghantar Ekonomi Islam dasar-dasar dan pengembangan. Suska Press, Pekanbaru, 2018.
Sari, Maya. Enterpreneur terhadap kinerja ukm di Kota Medan, Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis (Online) I 14, http://www.google.com (19 Mei 2022)
Suma, Amin. Asuransi Syari’ah dan Asuransi Konvensional. Kholam Publishing, Jakarta, 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta, Bandung, 2015.
Sukirno, Sadono. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Raja Grafindo, Jakarta, 2014.
Suryana, Yuyus dan Bayu, Kartib. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan yang Sukses, Kencana, Jakarta, 2012.
Swasta, Basu. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2014.
Syafe’i, Rachmat. Fiqh Mu’amalah, CV Pustaka Setia, Bandung, 2014.
Terry, George. Principles of Management, Bumi Aksara, Jakarta, 2011.
Wawancara, Fatoni, 19 juli 2022.
Wawancara, Dania, 21 juli 2022.
Wawancara, Samsul, 19 juli 2022.
Yusanto, Ismail dan Karebet, Widjajakusuma. Menggagas Bisnis Islam, Gema Insane Press, Jakarta, 2017.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.