PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHDAP KEPUTUSAN NASBAH UNTUK MENABUNG DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM WARU SIDOARJO
Abstract
: Dalam penelitian ini memaparkan hasil penelitian mengenai bagaimana kedua faktor utama, yaitu lokasi dan kualitas layanan, memengaruhi keputusan nasabah dalam memilih untuk menabung di BMT UGT tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan sejumlah nasabah BMT UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur persepsi nasabah mengenai lokasi dan kualitas layanan yang diberikan oleh BMT UGT. Fokus penelitian terletak pada analisis bagaimana aksesibilitas lokasi dan kualitas interaksi serta pelayanan yang diterima nasabah dapat mempengaruhi keputusan mereka. Analisis data menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Lokasi yang strategis, dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja nasabah, mempermudah akses dan meningkatkan kenyamanan, sehingga mendorong nasabah untuk memilih BMT UGT ini sebagai tempat menabung. Selain itu, kualitas layanan mencakup keramahan, kecepatan, ketepatan, dan profesionalisme staf BMT UGT juga menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan nasabah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk dapat menarik lebih banyak nasabah, BMT UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo perlu terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan serta mempertimbangkan lokasi strategis dalam perencanaan pemasaran mereka. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengelola BMT UGT dan lembaga keuangan lainnya dalam merumuskan strategi efektif untuk menarik dan mempertahankan nasabah, serta memberikan wawasan akademis mengenai pentingnya faktor lokasi dan kualitas layanan dalam industri keuangan.
References
Bramantyo, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Prosedur Kredit, Dan Promosi Terhadap Keputusan Kredit Umkm. Jurnal Profita, 5(1), 1–15.
Fajar Fahrudin, M., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(1), 149.
Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 49–66.
Huda, B., Sukidin, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 87.
Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136.
Suprapto, R., & Nafisah, D. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Unit Toko Ausath Grosir Sembako Koppontren Ausath Blokagung. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 1(1), 101.
Tyas. (2012). 845-1597-1-Sm. 3, 277–297.
Ulfa, D., & Sulistyorini, U. T. (2018). Prodi Perbankan Syariah , Jurusan Akuntansi , Politeknik Negeri Semarang. Prodi Perbankan Syariah , Jurusan Akuntansi , Politeknik Negeri Semarang, 8(1), 62–72.
Miharta, K. J., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Reputasi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Produk Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Kc Kediri. NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 57–65.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.