Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Madrasah Ibtidaiyah

  • MIFTACHUS SHOLIKAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model flipped classroom terhadap
kemampuan pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa
Indonesia di semester awal program studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian quasy experiment. Penelitian ini dilakukan pada Perkuliahan
Bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah Mahasaiswa semester 1 A dan 1 C program studi
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk tahun akademik
2022/2023. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dan uji hipotesis menggunakan
uji Anova one way dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
flipped classroom memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman teknik
penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia, yakni (1) hasil skor
keterlaksanaan perkuliahan dengan model flipped classroom dengan rata-rata skor 100 atau
kategori baik; dan (2) rata-rata nilai tes pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada
perkuliahan bahasa Indonesia oleh mahasiswa pada kelas yang dibelajarkan dengan
model flipped classroom adalah 72.17 lebih baik dibandingkan rata-rata nilai model
direct instruction adalah 66.04. Adapun nilai signifikansi dari hasil uji Anova one way
adalah 0,008 atau kurang dari 0,05 (0,008<0,05), maka terdapat perbedaan pengaruh
dari kedua model pembelajaran tersebut, dimana model flipped classroom lebih baik
dalam pemahaman teknik penulisan karya ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia
bagi mahasiswa daripada penerapan model direct instruction. Hal ini berarti, model
flipped classroom dapat dijadikan solusi inovatif model perkuliahan (pembelajaran)
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi teknik penulisan karya
ilmiah pada perkuliahan bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

Published
2024-02-21