Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif dalam Menguatkan Literasi Peserta Didik

  • Alfin Maskur

Abstract

Penerapan  pembelajaran tematik integratif merupakan peran penting untuk meningkatkan literasi sehingga mengoptimalkan hasil pembelajaran, pembelajaran tematik integratif yang tepat akan membantu dan meningkatkan hasil pembelajaran yang optimal bagi peserta didik. Pembelajaran tematik integratif yang dipusatkan ke peserta didik akan menguatkan peserta didik dalam literasi, sehingga penerapan pembelajaran tematik integratif yang berpusat pada peserta didik dinilai mampu menjadi solusi untuk menguatkan literasi peserta didik khususya untuk kelas rendah.

Permasalahannya,1.Bagaimana perencanaan kelas pada pembelajaran tematik integratif dalam menguatkan literasi peserta didik kelas Rendah SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dalam menguatkan literasi peserta didik kelas Rendah SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik integratif dalam menguatkan literasi peserta didik kelas Rendah SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023?

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sedangkan Sumber data : (1) Primer : kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 2, staf, dan siswa. (2) Sekunder: jurnal, dokumentasi, dan arsip-arsip. Metode dan instrument pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi.

Kata Kunci : Pembelajara Tematik Intregatif, literasi Peserta didik

Published
2023-11-20