PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA (KOBERTAR) KOTAK BERHITUNG PUTAR PADA KELAS VI UPT SDN MALIRAN 03

  • Ruly Budiyanto

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang bilangan, bentuk, hubungan konseptual, dan logika dengan menggunakan lambang atau lambang bahasa untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran ini memiliki nilai pendidikan yang dapat membentuk kepribadian peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir sehingga dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan matematika kepada peserta didik.

Tujuan penelitian ini pertama meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kedua Meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Strategi pembelajaran yang di gunakan  adalah pembelajaran berdiferensiasi dimana peneliti melakukan tes awal gaya belajar peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: melalui pemanfaatan media pembelajaran koberput dalam pembelajaran berdiferensiasi. Terbukti persentase ketuntasan pembelajaran matematika dari kondisi awal sebelum melakukan tes minat gaya belajar dan media pembelajaran koberput mendapat hasil 51%. Setelah melakukan tes minat bakat peserta didik dalam pembelajaran matematika menjadi 85% hal ini meningkat ketika peeserta didik menggunakan medai dan lembar kerja sesuai dengan bakat minat mereka yaitu kinestetik dan visual

Published
2023-11-20