Peran guru dalam meningkatkan kepribadian peserta didik (studi multisitus di MIN 3 Nganjuk dan MI Darul Muta'allimin Patianrowo Nganjuk pada tahun pelajaran 2021-2022
Abstract
Peran guru dalam dunia pendidikan memiliki posisi yang sangat signifikan, sehingga menempati posisi yang amat strategis dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Menghadapi tantangan persaingan bangsa di era global saat ini menuntut peningkatan kualitas dan produktivitas manusia terdidik. Berbagai kebijakan dicapai dalam dunia pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang bemutu dan berdaya saing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati, peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya. Untuk menetapkan keabsahan data tersebut diperlukan tehnik pemeriksaan data. Pelaksanaan tehnik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Hasil Penelitian yaitu Peran guru sebagai pendidik(Educator) mempunyai tanggung jawab besar dalam membina peserta didiknya diwujudkan dengan kesabaran dan ketegasan terhadap peserta didiknya. Peran guru sebagai fasilitator, guru berperan dalam memberikan pelayanan termasuk ketersediaan fasilitas guna memberi kemudahan dalam kegiatan belajar bagi peserta didik. Peran guru sebagai Motivator dalam kegiatan belajar mengajar juga begitu besar sehingga siswa terdorong untuk rajin belajar, mewujudkan cita-cita mereka dan bersaing secara sehat dengan teman seperjuangan dalam rangka perwujudan kepribadian muslim