Meningkatkan Kognitif Anak Pada Kemampuan Bercerita Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script Di MI

  • Muhammad Rizal Rifa’i

Abstract

Tujuan artikel ini untuk Meningkatkan Kognitif Anak Pada Kemampuan Bercerita
Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script di MI agar peserta didik memiliki
kemampuan berinteraksi dan efektif dalam belajar sehinngga lebih baik sesuai harapan bangsa
terhadap generasi yang akan datang.
Perkembangan Kognitif menurut Jean Piaget terjadi dalam empat tahapan. Tahaptahap perkembangan kognitif tersebut adalah tahap sensori motorik, tahap pra-opersional,
tahap opersional konkrit dan tahap opersional formal. Peserta didik jenjang SD/MI pada
umumnya berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret (7 – 11 tahun).
Peserta didik jenjang SD/MI pada umumnya berada pada tahap perkembangan kognitif
operasional konkret (7 – 11 tahun). Pada tahap ini anak berpikir secara operasional dan
penalaran logis menggantikan penalaran intuitif, meskipun masih bersifat konkret, artinya
aktivitas mental yang difokuskan pada objek objek dan peristiwa nyata. Pada masa ini anak
sudahmampu menggolong golongkan, namun belum mampu memecahkan masalah yang
bersifat abstrak. Perkembangan kognitif mempunyai peran penting bagi anak.

Published
2022-03-14