ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SHARED PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendekatan pembelajaran tematik, khususnya Model Shared, telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan. Dengan mengintegrasikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran ke dalam satu kerangka pembelajaran yang koheren, model ini memungkinkan siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam, keterampilan yang terintegrasi, dan perspektif yang lebih luas tentang dunia yang kompleks ini. Penelitian menggunakan metode kepustakaan memperkuat gagasan bahwa pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi pemahaman konsep akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan kecakapan hidup yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi model ini memerlukan kerjasama erat antara guru-guru dari berbagai mata pelajaran serta dukungan yang kuat dari pihak sekolah dan pemerintah. Meskipun demikian, potensi Model Shared untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pendidikan di era yang semakin kompleks ini menawarkan solusi yang menjanjikan bagi masa depan pembelajaran holistik dan terpadu