Efektifitas Media Website Dalam Peningkatan Pelayanan Publik

Studi Website Pemerintah Desa Rejoso, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk

  • Ahmad Sunaryo IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Imam Rosidi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Pelayanan Publik, Media Wabsite

Abstract

Website salah satu media yang menyajikan informasi dengan cepat dan tepat ditunjang dengan teknologi tinggi yaitu internet. Website adalah salah satu media massa yang paling banyak kelebihannya, antara lain; pesan atau informasi yang disampaikan oleh website dapat diterima oleh semua orang dimana saja tanpa dibatasi ruang selama adanya jaringan internet. Keberhasilan dari media website desa adalah informasi yang selalu di perbarui setiap waktu sehingga masyarakat merasakan kepuasan tentang informasi desa yang selalu mereka dapatkan dengan cepat dan tepat, dan yang paling utama adalah memberikan pelayanan atas keluhan masyarakat ataupun komentar mereka dengan tanggapan yang ramah. Fokus penelitian ini yaitu pertama, bagaimana perencanaan pengelolaan website dalam peningkatan pelayanan public. Kedua, bagaimana dampak media website bagi masyarakat dalam peningkatan pelayanan public. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan sumber data yakni data primer (informan penelitian) dan data sekunder (buku referensi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan persuratan tidak perlu dilakukan secara manual dan penilaian hard copy, namun dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi. Untuk itu pemerintah desa rejoso hadir dengan inovasi menggunakan perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi sebagai sarana membuat tugas dan pemerintahan desa dapat dilakukan lebih cepat, baik, efektif dan partisipatif. Masyarakat semakin mendapat kemudahan akses komunikasi dan informasi dengan pemerintah desa. Bagi pemerintah desa sendiri, menjadi memiliki peluang untuk lebih transparan dan banyak mendapat masukan melalui pesan-pesan aspiratif dari warga yang ikut berpartisipasi memanfaatkan web desa sebagai sarana komunikasi pembangunan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Topohudoyo & Budiyono, Membangun Layanan Informasi Publik Melalui Fitur-Fitur Website Desa, Volume 12, Nomor 1, Oktober 2017.
Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) (Online), Vol 3, 2014, (26 Juni 2019)
Noviyanto, Fiftin. Tedy Setiadi, Iis Wahyuningsih, Jurnal Informatika (Online), Vol. 8, No. 1, 2014,(26 Juni 2019)
Soim dkk. 2018. Pedoman penyusunan skripsi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk. Nganjuk: Lembaga PenerbitanIAI PD.
Jurnal studi komunikasi dan media. Penelitian kuantitatif..... Vol. 15 No. 1 (Januari – Juni 2011), (Online), jurnal.kominfo.go.id, (30 Juni 2019)
Moleong, Lexy J. 2006.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Affifudin, Beni Ahmad Saebani. 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Allfabeta.
Ghony,M. Djunaidi & Fauzan Almanshur. 2016.metode penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Imam. 2015.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, Muhamad. 2012.Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Praktek Kombinasi dalam Penelitian Social. Jakarta Utara: Publica Institute.
Apriyansyah, Isnaini Maullidina, dan Eko Priyo Purnomo, Efektifitas Sistem Informasi Desa (SID) dalam Pelayanan Publik di Desa Dlingo, Kecamatan Dling Kabupaten Bantul, Vol. 4 (1), 2018.
Liliek Budiastuti Wiratmo, Website Pemerintah Daerah sebagai Sarana Online Publik Relation, Vol. 3 (2), 2017.
Rodhin, Roni. Internet Dalam Konteks Perpustakaan (Online), Vol 3, 1, 2011,(2Juli 2019)
C.V Ando Offset, Membangun Website Tanpa Modal: Menggunakan CMS Wordpress beserta Domain dan Hosting Gratis (Onlie), (2 Juli 2019)
Published
2020-12-31
How to Cite
Ahmad Sunaryo, & Imam Rosidi. (2020). Efektifitas Media Website Dalam Peningkatan Pelayanan Publik. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(2), 189-196. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i2.186