Pendidikan Karakter dalam Persepektif Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona

  • Muhammad Amrillah IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Agus Khairul Assauqi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Pendidikan Karakter, Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah banyaknya fenomena yang mencerminkan kebobrokanbangsa seperti kekerasan, pemerkosaan dan masih banyak lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis (Content Analysis) setelah data terkumpul data dianalisa kemudian data tersebut dianalisa dan dipelajari secara cermat dan dideskripsikan yang selanjutnya memberikan gambaran dan penjelasan serta diuraikan persamaan dan perbedaan keduanya karna tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan membandingkan pemikiran pendidikan karakter menurut Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat persamaan dan perbedaan diantara tokoh keduanya yang mana pemikiran HasyimAsy’ari mengenai pendidikan karakter lebih menekankan karakter terhadap subyek dan obyek pendidikan sedangkan pemikiran Thomas Lickona lebih condong kepadahal apa yang harus dilakukan oleh semua pihak sekolah, orang tua dan masyarakat untuk menanamkan pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu, Nur Uhbiadi. Ilmu Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2001.
Barnawi, M. Arifin. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Ar-Ruuz Media, Jogjakarta, 2012.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik:, (Terj.) Lita S, Nusa Media, Bandung, 2013.
Ma’mur,Jamal Asmani. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, Diva Press, Yogyakarta, 2011.
Maisah. Manajemen Pendidikan, Gaung Persada Press, Jakarta, 2013.
Margono, S. Metodologi penelitian pendidikan, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2005.
Muslih, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, PT Bumi Aksara, Jakarta, tt.
Muwafik, Akh Sholeh. Membangun Karakter Dengan Hati Nurani, Erlangga, Jakart, 2012.
Asy’ari, Hasyim. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Terj.)Rosidin, GENIUS, Malang, 2014.
Puccy, Larry P dan Narvaes, Narcia. Hand Book Pendidikan Moral dan Karakter, (Terj) Imam Baihaqi dan Derta Sri Widowati, Nusa Media Ujung Berung, Bandung, 2014.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, tkp, 2012.
Samho, Bartolomeus. Visi Misi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Tantangan dan Relevansinya, Kanisius Anggota Ikapi, Yogyakarta, 2013.
Suprayoga, Imam. Quo Hadist pendidikan Islam pembacaan Realitas pendidikan Islam, Sosial dan keagamaan, UIN Malang Press, Malang, 2006.
Suprayogo, Imam. Menghidupkan Jiwa Ilmu, kumpulan Kolom Seputar Pendidikan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta,2014.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa dan Peradaban, Pustaka Belajar, Yogyakarta, 2012.
Zaenal, Asep. Islamic Characther Building, PT Grafindo Media Pratama, Jakarta, 2014.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Kencana, Jakarta, 2012.
Zuhdi, Damiyati dkk. Model Pendidikan Karakter, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2013.
Published
2020-12-31
How to Cite
Muhammad Amrillah, & Agus Khairul Assauqi. (2020). Pendidikan Karakter dalam Persepektif Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(2), 133-150. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i2.182